Home Warta Daerah Sembilan Puluh Persen Desa Di Pacitan Sudah Gelar Musdes Untuk Cairkan Dana...

Sembilan Puluh Persen Desa Di Pacitan Sudah Gelar Musdes Untuk Cairkan Dana Desa

324
0
SHARE

Musyawarah desa (Musdes) Merupakan kunci pokok dalam menyusun perencanaan pembangunan di tingkat desa dalam rangka implementasi dana desa 2015. Musyawarah Desa digelar guna menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) kemudian akan di turunkan dalam APBDes yang menjadi dasar dalam menjalankan program pemerintah desa.

Namun bukan berarti setiap desa yang sudah menjalankan musyawarah desa ini dengan serta merta dapat merealisasikan dana desa, melainkan masih banyak proses administrasi yang harus dilalui.

Menurut Kasubag Administrasi Pedesaan, Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Setkab Pacitan, M Chusnul Fauzi mengatakan, sampai saat ini sudah ada sekitar 90 persenĀ  dari total 166 desa yang telah merampungkan musyawarah desa (musdes). Hanya saja prosesnya tidak mudah, karena perlu dilakukan pendampingan, terutama ketika memasukan plafon desa tersebut kedalam APBDes.

Untuk itu Chusnul memberikan penekanan agar tidak memandang berapa besar prosentase realisasi penyaluran dana desa saat ini. sebab, pengelolaan dana desa memiliki resiko yang bisa menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) maka proses penyaluran dan penggunaanya harus benar-benar memperhatikan aturan yang ditetapkan.

Beberapa ketentuan tersebut diantaranya, sebelum dicairkan kepala desa harus melakukan perubahan Rencana Pembangunan Jangkan Menengah (RPJM), Laporan Pertanggungjawaban Keuangan (LKP), dan RAPDDes. Dimana kegiatan yang akan dilakukan dengan menggunakan dana desa harus dicantumkan dalam ketiga dokumen tersebut.

“Jangan sampai uang ini cair justru timbul masalah baru” Ucap Chusnul. (Sept)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here