Home Warta Nasional Ini Kronologi Kebakaran Mapolda Jateng

Ini Kronologi Kebakaran Mapolda Jateng

125
0
SHARE

Pachenews, Semarang – Si jago merah melahap Mapolda Jawa Tengah Rabu (30/09) sekitar pukul 11.15 WIB, Polisi kini tengah menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan tiga lantai di salah satu gedung yang terletak di Jalan Pahlawan No. 1, Semarang, Jawa Tengah.

Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Musyafak mengatakan, Kebakaran Mapolda Jateng diduga berawal dari hubungan pendek arus listrik. Disebutkan, beberapa saat sebelum kebakaran dirinya sedang memimpin rapat di lantai dua. Sedangkan Kapolda Jateng Irjen Pol Noer Ali sedang melakukan kunjungan kerja ke wilayah Surakarta .

Sebelum kebakaran, mendadak aliran listrik padam. Menurut dia, saat itu dirinya mendengar seperti benda yang terbakar. “Rapat langsung saya bubarkan,” ujarnya dihadapan sejumlah wartawan. Beberapa saat kemudian terjadi kebakaran dan api dengan cepat membesar .

Dalam sekejap gedung B di bagian tengah di Markas Polda Jawa Tengah ludes terbakar. Di gedung tersebut terdapat sejumlah satuan kerja, seperti Biro Sumber Daya Manusia, Inspektorat Pengawas Daerah, Direktorat Intelijen, bagian keuangan, Biro Perencanaan, dan ruang aula.

Langkah pertama yang dilakukan yakni pemadaman api dengan dibantu pemadam kebakaran. Selanjutnya, kata dia, akan dilakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran.

Penyebab kebakaran juga belum diketahui secara pasti . Saat ini tim Laboratorium Forensik Mabes Polri cabang Semarang masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran itu. ”Labfor sementara masih menyelidiki, nanti kalau sudah jelas penyebabnya akan disampaikan” katanya .

Dampak dari kebakaran hebat itu, untuk sementara ini lima satuan kerja (Satker) yakni Direktorat Intelkam, Biro Perencanaan (Ro Rena), Biro SDM, Bidang Keuangan, Inspektorat Pengawasan Daerah (Irwasda) yang ruangannya hangus terbakar akan dipindahkan ke Wisma Perdamaian, kawasan Tugu Muda.

Sedangkan para tahanan untuk sementara dititipkan di Polres dan Polsek. Tidak  ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tetapi kejadian itu sempat membuat ratusan polisi yang berkantor di gedung setempat panik dan berlarian keluar gedung, termasuk sejumlah tahanan yang berada di gedung C. (SPJGD/SEPT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here