Beranda Kreatif Menengok NU di Dunia Maya

Menengok NU di Dunia Maya

196
0

Apabila kita menulis kata “NU” dalam range country Indonesia di mesin pencarian Google, maka kita akan mendapatkan hasil sekitar 1.770.000 laman yang membahas dan mengulas atau hanya sebatas memuat kata “NU”. Dan bila kata “Nahdlatul Ulama” yang dimasukkan, maka akan didapatkan 658.000 hasil. Saya mencoba memasukkan beberapa nama organisasi masyarakat lainnya dalam kolom pencarian Google, dengan hasil 956.000 untuk “muhammadiyah”; 499.000 hasil untuk “HTI”, dan 651.000 hasil untuk kata “FPI”.

Dari angka di atas saya menyimpulkan bahwa NU cukup banyak diperbincangkan dalam dunia maya. Meskipun NU memiliki banyak massa, namun baru sebagian kecil yang sudah bisa mengakses internet, jadi saya kemudian juga menyimpulkan bahwa sebagian laman tersebut ditulis oleh warga NU, dan sebagian besarnya lagi ditulis oleh kalangan di luar NU, entah berupa penelitian, berita, atau hanya sekadar opini.

Dunia maya tentu tidak lagi bisa dipandang sebelah mata, karena saking masifnya dinamika di dunia maya, informasi sekecil apapun dapat menyebar luas dan menjadi bahan perbincangan di dunia nyata. Muktamar NU ke-33 kemarin menyisakan banyak sekali cerita, tak ketinggalan di dunia maya. Justru dari dunia inilah berbagai macam informasi dengan mudahnya menyebar, entah benar atau tidaknya informasi tersebut, yang pasti hal tersebut tak jarang menambah “kegaduhan” yang tengah terjadi di dunia nyata.

Baca selengkapnya disini

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.