Home Warta Daerah Brojo Geni, Meriahkan Peringatan 1 Muharam di Pacitan

Brojo Geni, Meriahkan Peringatan 1 Muharam di Pacitan

762
0
SHARE

Pachenews, Pacitan – Sepak bola api atau disebut dengan “Brojo Geni” merupakan ritual dalam rangka memperingati tahun baru hijriyah (Satu Suro) , malam tadi menyambut tahun 1937 Hijriyah GP Ansor Pacitan menggelar ritual yang biasanya menjadi tradisi pesantren ini.

Ratusan kader Ansor pacitan dari seluruh plosok berduyun-duyun datang ke kawasan wisata teleng ria yang menjadi tempat menggelar ritual tersebut baik untuk sekedar menyaksikan ataupun turut serta menjadi peserta.

“Pertandingan bola api ini memang menjadi ritual rutin dikalangan pesantren setiap tahunya, namun belum ada kemunitas yang bisa menggelar ritual ini menjadi sebuah kompetisi, ini mungkin menjadi awal, kedepan kami akan menjadikan ritual ini menjadi sebuah turnamen agar tradisi tetap lestari” ucap Agus Salim, panitia penyelenggara.

Selain menjadi tontonan undangan dan kader internal Ansor ternyata “Brojo Geni” juga menarik perhatian khususnya para wisatawan yang sedang bermalam dikawasan pantai teleng ria, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya penonton yang memadati area pagelaran.

“Ritual ini jika di garap dengan serius akan menjadi obyek wisata religi yang sangat menarik” ucap salah satu wisatawan yang tidak bersedia disebut namanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here