Beranda Warta Daerah GP Ansor Pacitan Peringati 1 Muharam Dengan Apresiasi Budaya

GP Ansor Pacitan Peringati 1 Muharam Dengan Apresiasi Budaya

384
0

Pachenews, Pacitan – Selasa, 13/10/2015, GP Ansor Pacitan menggelar apresiasi budaya dalam rangka memperingati tahun baru Hijriyah (1 Muharam). Bertempat di kawasan wisata pantai teleng ria Pacitan kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan keder Ansor dan Banser dari seluruh pelosok pacitan.

Mengambil tema “Islam Nusantara: Agama yang Berbudaya, Budaya yang Beragama” gelaran satu muharam ini dimeriahkan oleh tampilan-tampilan kesenian islam yang jarang terekspos salah satunya seni sholawatan jawa klasik dari kebonagung. Selain kesenian juga menampilkan pertandingan sepak bola api “Brojo Geni” yang menjadi ciri khas orang-orang pesantren sambut tahun baru Hijriyah.

Menurut M. Khoirul Anam Ketua Ansor Pacitan, kegiatan ini merupakan wujud kecintaan pemuda khususnya Ansor terhadap budaya-budaya islami. “Selama ini kesenian – kesenian Islami lawas yang mempunyai nilai estetika tinggi ini cenderung ditinggalkan oleh kalangan muda dengan alasan gengsi dan sebagainya, Ansor wajib menjaga keberlangsungan budaya Islami jangan sampai punah ditelan zaman” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Agus Susanto, Panitia penyelenggara, dia menyebutkan bahwa tradisi adalah warisan luhur nenek moyang yang harus dijaga. “Selama tidak bertentangan dengan Syariat Islam menjadi sebuah kewajiban bagi kita melestarikan tradisi” ucap pria yang juga alumni PMII ini. (Sept)

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.