Beranda Warta Daerah PDAM : Armada Minim, Antisipasi Kekeringan di Pacitan Terhambat

PDAM : Armada Minim, Antisipasi Kekeringan di Pacitan Terhambat

620
0

Pachenews, Pacitan – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pacitan keluhkan keterbatasan armada tangki air untuk distribusi air bersih ke derah terdampak kekeringan. Perusahaan plat merah itu hanya memiliki empat tangki pengangkut air, itupun satu unit diantaranya sudah tidak laik jalan.

Direktur teknik PDAM Pacitan Slamet Rianto mengakui, jika saat ini hanya ada tiga tangki yang siap jalan. jumlah itu tidak berimbang dengan jumlah wilayah yang harus dijangkau untuk menyuplai air bersih. “Kalau kewalahan lantaran keterbatasan armada memang iya, meskipun dibantu tangki milik BPBD” tuturnya kepada awak media beberapa waktu lalu.

Agar distribusi lancar PDAM membutuhkan satu unit mobil kapasitas 5000 liter. “tiga unit yang ada kapasitasnya 3500 liter” imbuhnya.

Berdalih minimnya armada, PDAM menaikan tarif biaya pendistribusian air, besarnya disesuaikan jarak droping. “kenaikan tarif karena kebutuhan operasional makin mahal dan penggunaan BBM non subsidi” ungkap Slamet.

Sementara itu krisis air bersih yang dialami oleh warga Pacitan pada musim kemarau tahun ini makin parah. Berdasarkan data BPBD setempat, selama empat bulan terakhir jumlah desa dipacitan yang kekurangan air semakin bertambah. Dari semula 28 desa yang tersebar di 12 kecamatan, kini bertambah menjadi 41 desa. (Sept)

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.