Beranda Warta Daerah Sekolah Menengah Migrasi, Dindik Pacitan Tetap Ajukan Anggaran

Sekolah Menengah Migrasi, Dindik Pacitan Tetap Ajukan Anggaran

669
0

Pachenews, Pacitan – Kendati tahun depan wewenang sekolah menengah, akan bermigrasi ke pemerintah provinsi (Pemprov), namun Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan tetap memploting sejumlah anggaran bagi sekolah menengah, khususnya sekolah menengah kejuruan (SMK). Meski, anggaran tersebut tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Ploting penganggaran itu bakal lebih diarahkan pada award bagi siswa berprestasi.

Kepala Dinas Pendidikan, setempat, Sakundoko,mengatakan, sesuai Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, beberapa kewenangan memang akan ditarik kembali ke provinsi. Bukan hanya pendidikan menengah, namun masih ada sejumlah kewenangan lain yang akan mutasi ke pemerintahan dibawah kendali seorang gubernur tersebut. Misalnya seperti ESDM, kehutanan dan kelautan. “Sedangkan di bidang pendidikan, hanya urusan sekolah menengah yang kembali pada pemerintah provinsi,” katanya, Minggu (18/10).

Pada masa transisi tersebut, satuan kerja yang mendapatkan alokasi anggaran terbesar dari pemerintah itu, tetap akan mengajukan sejumlah anggaran terkait urusan sekolah menengah. “Proyeksi alokasi dana lebih mengarah pada award bagi pelajar berprestasi,” terang Sakundoko.‎

Hanya, pembangunan fisik seperti ruang kelas maupun pembenahan gedung SMA yang benar-benar hilang dalam ploating anggaran di draft RAPBD, bidang pendidikan sekolah menengah tahun depan. Dari besaran APBD, anggaran pembangunan fisik selalu menjadi serapan terbesar setiap tahun. Penetapan award bagi siswa berprestasi diharapkan mampu menjadi motivasi peningkatan mutu belajar siswa. “Sehingga tren pengembangan prestasi diharapkan mengalami kenaikan signifikan dari tahun ke tahun,” tutur mantan Staff Ahli Bupati itu. (Sept)

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.