Home Warta Daerah Ribuan Pengunjung Antusias Saksikan Upacara Adat Tetaken Gunung Limo

Ribuan Pengunjung Antusias Saksikan Upacara Adat Tetaken Gunung Limo

722
0
SHARE

Pachenews. Pacitan – Upacara adat khas Pacitan, Tetaken, kembali digelar kemarin, Rabu (28/10/2015). Serangkaian agenda Upacara Adat Tetaken Gunung Limo pada tahun ini dikemas dalam bentuk yang berbeda, yakni  Festival Tetaken Gunung Limo, yang digelar di Plataran Gunung Limo, Mantren, Kebonagung mulai dimulai dengan upacara adat, yang memiliki berbagai ragam acara.

Agenda yang digelar dan saksikan ribuan masyarakat Pacitan tersebut adalah timbulan Pertapa (teteki), Pendakian dan ziarah Tunggul Wulung, pertunjukan Pencak Silat, pertandingan Silat Sempok, perajahan dan pembagian nira.

Dengan dipimpin oleh juru kunci Gunung Limo, rangkaian upacara adat ini merupakan upacara bersih desa dan sedekah bumi agar semua warga masyarakat yang tinggal di desa mantren kecamatan kebonagung tersebut jauh dari segala macam marabahaya.

Selain cara inti Tetaken, digelar juga pameran pusaka, agenda pendukung lomba karya tulis, telasan Tetaki, wayang Arya dan wayang kulit.

Dalam upacara Tetaken kali ini, turut hadir juga para tokoh Pacitan, diantaranya Bupati Pacitan Indartato, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ronny Wahyono, Sekretaris Daerah Suko Wiyono, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wasi Prayitno, dan sejumlah tokoh masyarakat setempat, seperti calon wakil bupati Sri Retno Dhewanti. (Sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here