Home Nusantara Pesantren Kemarau Panjang, Umat Islam di Pacitan Dihimbau Lakukan Shalat Istisqa

Kemarau Panjang, Umat Islam di Pacitan Dihimbau Lakukan Shalat Istisqa

684
0
SHARE

Arjosari – Para kiai pengasuh pesantren yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pesantren Pacitan atau FKPP menghimbau kepada seluruh santri dan masyarakat di Pacitan untuk melaksanakan Sholat Istisqa atau sholat meminta hujan.

” Himbauan ini disampaikan karena mengingat musim kemarau yang terus berkepanjangan dan semakin berkurangnya sumber mata air yang mengalir” Demikian Kata Sekretaris FKPP Hamka Hakim di Pondok Tremas Pacitan. Kamis (29/10) siang.

FKPP menginstruksikan kepada seluruh pesantren di pacitan beserta masyarakat pacitan untuk menggelar sholat istisqa di daerahnya masing-masing.” Untuk waktu dan tempatnya menyesuaikan, Sholat istisqa digelar paling lambat pertengahan november ini” Tambah pengasuh Pesantren Al Fattah Kikil Arjosari ini.

Saat pelaksanaan sholat istisqa, binatang ternak seperti sapi dan kambing pun hendaknya turut dibawa ke tengah tanah lapang saat ibadah itu berlangsung, sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. Sebelum menjalankan sholat ini, para kiai diinstruksikan menjalankan ibadah puasa empat hari.

Sejauh ini tidak ada tanda-tanda hujan akan turun di Pacitan, kendati di daerah-daerah lain seperti beberapa kawasan di Ponorogo dan Trenggalek sempat hujan rintik-rintik meski hanya beberapa saat.

Sementara itu beberapa hari terakhir ini suhu udara di Pacitan dan sekitarnya diperkirakan mencapai titik tertinggi antara 38 sampai 39 derajat celsius pada siang hari.( Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here