Home Warta Daerah Sirmadji Sosialisasikan Empat Pilar MPR di Pacitan

Sirmadji Sosialisasikan Empat Pilar MPR di Pacitan

285
0
SHARE
Jpeg

Pachenews, Pacitan – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sekaligus anggota MPR, dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur VII, Drs. Sirmadji Tj. M.Pd, kembali menyosialisasikan empat pilar MPR di Kabupaten Pacitan (1/11/2015) di hotal srikandi Pacitan.

Keempat pilar itu adalah Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan itu mengatakan, Bangsa Indonesia semakin hari semakin jauh dari jati dirinya. Sebelumnya, bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang penuh dengan nilai-nilai kesopanan, penuh kasih sayang dan memiliki jalinan persaudaraan satu dengan lainnya sangat erat, namun kini nilai-nilai tersebut sudah memudar.

Pemahanan terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar negara harus selalu ditumbuhkembangkan dalam mewujudkan cita-cita masa depan Indonesia yang lebih baik menuju masyarakat yang sejahtera, adil, makmur serta menjadi negara yang berdaulat dan bermartabat.

Budiono, salah seorang peserta sosialisasi mengatakan, sosialisasi sangat penting untuk memberitahukan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara agar lebih dapat dipahami dan menjadi dasar dalam mewujudkan visi dan misi Indonesia ke depan.

Katanya, rakyat Indonesia tidak boleh lupa bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Bangsa Indonesia.

Sebagai dasar negara, Pancasila sangat menjunjung kebersamaan musyawarah untuk mufakat agar lebih di kedepankan lagi sebagai upaya meminimalkan terjadinya gesekan dan konflik.

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, empat pilar tersebut dikenal menjadi titik tolak dan perkembangan bangsa Indonesia. Hal itu dicapai oleh para wakil bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan mengumandangkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan dilanjutkan dengan pengesahan UUD 1945 sebagai dasar negara. (Sept)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here