Home Warta Daerah Relawan Dampingi Pemetaan Keluarga di Posdaya Pantai Pidakan

Relawan Dampingi Pemetaan Keluarga di Posdaya Pantai Pidakan

645
1
SHARE

Pachenews. Pacitan – Keseriusan relawan Posdaya Pacitan untuk mendampingi masyarakat semakin tak terbantahkan. Hari ini Rabu (04/11/2015) mereka mendampingi pemetaan keluarga di Posdaya Dadi Rejo Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan.

Kegiatan ini merupakan folow up dari kegiatan pelatihan pemetaan keluarga Posdaya beberapa bulan lalu, dimana saat itu hadir sebagai pemateri adalah Prof. Haryono Suyono Ketua Yayasan Damandiri yang juga pelopor pemberdayaan masyarakat melalui keluarga (Posdaya), saat itu sebagai peserta adalah Kepala Desa dan Camat Sekabupaten Pacitan.

Posdaya dadi rejo merupakan salah satu posdaya yang merespon dengan cepat program pemetaan keluaga. Slamet sebagai ketua posdaya dadi rejo mengaku kesulitan dalam memetakan kondisi keluaraga di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak sebelum adanya program pemetaan keluarga.

“Kini dengan adanya pemetaan kami dapat mengetahui bahwa warga kami terbagi menjadi lima bagian yaitu Keluarga Pra Sejahtera, Keluarga Sejahtera I, Keluarga Sejahtera II, Keluarga Sejahtera III, dan Keluarga Sejahtera III Plus” ucap Slamet.

Slamet menjelaskan, setelah terpetakan maka intervensi yang akan dilakukan forum Posdaya untuk melakukan tindakan nyata terbukti lebih mudah. “Keluarga yang masuk katagori Pra Sejahtera akan menjadi prioritas, kami adakan lelang kepedulian untuk mendapat santunan dari keluarga yang lebih mampu” tambahnya

Terpisah Eko Budi Prasetyo, Ketua relawan menyampaikan bahwa tugas dari relawan adalah melakukan pendampingan sejak awal pemetaan hingga terwujudnya lelang kepedulian. “Disini fungsi posdaya sebagai forum koordinasi semakin nyata, warga masyarakat bisa saling bantu membantu dan terwujudnya masyarakat yang mandiri” ucap Eko.

Pemetaan keluarga ini rencananya akan dilakukan di seluruh Posdaya se Kabupaten Pacitan, namun bertahap disesuaikan dengan antusiasme masyarakat, dimana masyarakat posdaya yang lebih aktif maka akan didampingi lebih dulu mengingat jumlah relawan yang terbatas. (Sept)

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here