Home Warta Daerah Gagal Panen, Patani Pacitan Rugi Ratusan Juta

Gagal Panen, Patani Pacitan Rugi Ratusan Juta

951
0
SHARE

PacheNews. PACITAN – Kemarau panjang dan kekeringan yang melanda Kabupaten Pacitan Jawa Timur, hal ini menyebabkan hasil pertanian khususnya padi jeblok. Kejadian tersebut berimbas pada penghasilan petani yang mengalami penurunan secara drastis.

Seorang petani bernama Misni asal Desa Tremas, Kecamatan Arjosari Pacitan mengatakan, mengalami kerugian mencapai jutaan rupiah. Pasalnya, petani sudah mengeluarkan biaya pengolahan lahan, biaya tanam, pembelian benih, perawatan, dan sebagainya. Sementara tanaman padi tak bisa dipanen.

Untuk mengakali kerugian yang lebih besar lagi, para petani memilih menjual ijon atau menjual tanaman padinya yang gagal panen untuk pakan ternak. selain itu, sebagian padi juga dijadikan pakan ternak.

“Musim ini harusnya kami panen melimpah, akan tetapi karna gagal panen kami hanya menjual tanaman padi kami untuk pakan ternak, sebab diselep juga tidak ada hasilnya,” ujarnya, Kamis (05/11/2015).

Pada Tahun ini berdasarkan data dari dinas pertanian Kabupaten Pacitan, lahan pertanian yang mengalami kekeringan mencapai ratusan hektare, lahan tersebut sementara tidak bisa digunakan dan diperkirakan akan terus bertambah bersamaan dengan panjangnya masa musim kemarau. (ASM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here