Home Figur Punya Visi dan Dorongan Sesepuh, Tokoh Muda NU ini Siap Jadi Ketum...

Punya Visi dan Dorongan Sesepuh, Tokoh Muda NU ini Siap Jadi Ketum GP Ansor

1127
0
SHARE
PACHENEWS – Perjalanan Hery Haryanto Azumi menjadi salah satu tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) ternyata dimonitor oleh sejumlah tokoh NU. Termasuk dari Haji Abdus Salam (Gus Salam) pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Mamba’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Ya, saat masih remaja, Hery memang pernah nyantri di Denanyar. Bahkan Hery mendapat predikat lulusan terbaik. Meski begitu, Hery merasa ilmu agama yang ditimbanya di Ponpes Denanyar masih kurang.

Sebab itu, setelah menyelesaikan studi di Ponpes besutan Gus Salam, Hery memutuskan untuk melajutkan belajar di UIN Jakarta. Tak cuma mematangkan ilmu agama, tapi Hery juga mematangkan ilmu keorganisasian.

Lantas anak sulung dari empat bersaudara itu memilih bergabung dengan organisasi ekstra kampus yakni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Jiwa kepemimpinan yang dimiliki membuat Hery dipercaya menjadi Ketua Umum PMII Cabang Ciputat periode 1999-2000. Kiprahnya di organnisasi cukup moncer, sampai akhirnya Hery juga dipercaya menjadi Ketua Umum PB PMII periode 2005-2007.

Namun sayang, totalitas Hery di PMII sempat membuat studinya kedodoran terutama saat masih menjadi Ketua Umum PMII Cabang Ciputat. Akan tetapi, Hery sepertinya menganggap akademi tidak kalah penting dengan urusan organisasi. Karenanya, dia bertekad menyelesaikan studinya dan berhasil meraih gelar S-1.
Bukti lain jika Hery menganggap akademi lebih penting, kini dia melanjutkan studi di Universitas Al Azar Indonesia, “Di Al Azar saya ambil jurusan hukum bisnis,” tuturnya.

Selain kuliah, Hery juga mendapat amanah menjadi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), “Alhamdulillah saya dipercaya menjadi Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU,” katanya.

Mendapat kepercayaan itu, memantik semangat Hery untuk turut membesar organisasi warga Nahdliyin. “Dari orang tua dan pesan dari keluarga Denanyar, kita harus berkontribusi buat NU,” tuturnya.

Nah, dedikasi dan semangat Hery itulah yang kini dipantau oleh keluarga Ponpes Denanyar. Gus Salam sebagai pengasuh Ponpes juga tampak bangga dengan santrinya itu dan mendorong menjadi Ketua Umum PP Gerakan Pemuda (GP) Ansor. “Saya sudah sowan dan beliau (Gus Salam) merestui lebih tepatnya mendorong saya maju ke Ansor,” katanya.

Mendapat dorongan dari Gus Salam menambah semangat Hery. Apalagi, Hery bukan tanpa visi ketika dipercaya menjadi Ketua Umum PP GP Ansor. Seperti pesan Gus Salam, Hery akan berusaha memberikan kontribusi sebanyak mungkin buat NU.

Menurut Hery, NU punya potensi besar untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM). Banyaknya badan otonom (Banom) yang dimiliki NU dinilai sebagai salah satu potensi. “Visi saya sederhana yakni ‘Intergrasi NU’. Tapi kalau visi itu dijabarkan sangat panjang,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here