Home Figur Alhamdulillah, Gus Dur Resmi Jadi Pahlawan Nasional

Alhamdulillah, Gus Dur Resmi Jadi Pahlawan Nasional

653
0
SHARE

Jombang – Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa Pemerintah telah memutuskan memberikan gelar pahlawan nasional kepada mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Presiden, telah menetapkan 5 gelar pahlawan nasional yang baru berasal dari Jawa Timur (2 nama), Yogyakarta (1 nama), Bali (1 nama), serta Sulawesi Utara (1 nama) kata dia saat Wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (7/11).

‎”Saat ini, sudah ada 163 gelar pahlawan nasional dan ditambah 5 yang baru, jadi semuanya 168. Khusus untuk penganugerahan gelar pahlawan nasional bagi Gus Dur telah ditetapkan Kamis 5 November,” jelasnya.

‎Lebih jauh Mensos menjelaskan bahwa untuk gelar pahlawan nasional melalui usulan masyarakat kepada bupati/walikota dan gubernur melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) kemudian kepada Menteri Sosial dan dilanjutkan diserahkan kepada Presiden.

‎”‎Permohonan usul pemberian gelar pahlawan nasional kepada Presiden melalui Dewan Gelar. Sebelumnya diadakan verifikasi, penelitian dan pengkajian melalui proses seminar, diskusi, serta sarasehan, ” katanya.

‎‎Saat ini, sudah diterbitkan 163 surat Keputusan Presiden (Keppres) terkait nama-nama yang diangkat menjadi pahlawan nasional dan masyarakat masih bisa mengusulkan.

“‎Keppres pengangkatan pahlawan nasional baru 163 dan masyarakat masih bisa mengusulkan nama-nama yang dinilai tepat untuk diangkat sebagai pahlawan perintis kemerdekaan dan pahlawan nasional,” jelasnya.

‎‎Tahun ini, peringatan Hari Pahlawan 10 November akan dilaksanakan di Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur. Selain ada alasan sejarah, juga sebagai upaya menguatkan dan menumbuhkan semangat kepahlawanan bagi generasi muda. ( Arrahmah.co.id/ Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here