Home Warta Daerah Relawan Posdaya Pacitan Serius Dampingi Posdaya Jeruk Manis

Relawan Posdaya Pacitan Serius Dampingi Posdaya Jeruk Manis

681
0
SHARE

Pachenews. Pacitan – Selasa (10/11/2015), Relawan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Kabupaten Pacitan dampingi Posdaya jeruk manis melakukan penyegaran dalam kepengurusan Posdaya serta berbagai program-program garapanya. Posdaya Jeruk Manis bertempat di Desa Jeruk Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan, sebagai Posdaya dengan cakupan wilayah desa tentunya Posdaya Jeruk Manis mempunyai peran yang strategis dalam pemberdayaan masyarakat dengan basis keluarga.

Untuk mencapai kecamatan yang paling tinggi di Kabupaten Pacitan ini relawan harus menempuh perjalanan selama 2,5 jam, namun segala kepenatan terbayar lunas ketika melihat animo masyarakat yang punya hasrat tinggi untuk berdaya.

Semangat berdaya ini menjadi gayung bersambut dengan semangat Posdaya dalam mewujudkan keluarga yang mandiri. Di Posdaya Jeruk Manis ini relawan akan fokus garap dua dusun sebagai basis pengembangan tahun ini untuk menjadi Posdaya percontohan di desa tersebut.

Dimulai dengan sosialisasi pemahaman konsep pokok Posdaya, penyegaran Posdaya dan pendataan/pemetaan keluarga akan menjadi garapan serius relawan. “Banyak kegiatan yang sudah berjalan di sini, namun diantara kegiatan atau program tersebut belum ada sinergi dan cenderung berjalan sendiri-sendiri sehingga banyak pula program kegiatan yang tidak berjalan” ucap Dian Budi Anggraeni tim pembina Posdaya Kabupaten Pacitan.

“Posdaya akan menjadi forum untuk segala jenis kegiatan tersebut bersinergi saling bahu membahu mensukseskan program yang sudah direncanakan” tambah Dian

Seperti yang kita ketahui Desa Jeruk adalah salah satu desa maju dikabupaten Pacitan, dengan berbagai prestasi baik tingkat Kabupaten, Propinsi maupun Nasional. Dengan adanya prestasi tersebut banyak program dari pemerintah daerah yang masuk namun efektifitas keluarga sebagai unsur terkecil dari masyarakat dalam pemberdayaan sangatlah minim.

Sehingga diperlukan adanya Posdaya sebagai poros pemberdayaan berbasis keluarga, dengan harapan keluarga yang mampu dapat membantu yang kurang mampu dan keluarga yang tidak mampu juga tidak berkecil hati karena harapan masih terbuka lebar asal kita mampu memaksimalkan potensi yang kita punya. (Sept)

Llihat juga pemetaan keluarga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here