Home Bilik Redaksi Editorial Provinsi Mataraman, Wacana Provinsi Baru Pecahan Jawa Timur

Provinsi Mataraman, Wacana Provinsi Baru Pecahan Jawa Timur

22855
3
SHARE

Pachenews – Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi besar di Indonesia, namun warga Jawa Timur tidak ikut euforia dalam pembentukan daerah baru. Selama masa reformasi Jawa Timur hanya mendapat satu wilayah baru yaitu Kota Batu. Namun Jawa Timur tetap beranggotakan 38 Kota/Kabupaten. Hal tersebut dikarenakan Kota Administratif Jember justru gabung dengan Kabupaten Jember.

Namun demikian sangat dimungkinkan Jawa Timur pecah menjadi beberapa Provinsi sesuai kultur budayanya. Menyusul isu Madura yang akan memisahkan diri dari Jawa Timur dan menjadi Provinsi Madura.

Jika melihat jumlah penduduk, Jawa Timur pantas untuk dibagi menjadi empat Provinsi berdasarkan keintiman budaya. Selain Jawa Timur yang beribukota di Surabaya dan Madura yang beribukota di Sumenep, ada Blambangan/Padalungan (keturunan Jawa-Madura) yang beribukota di Jember serta Mataraman (Jawa Selatan) yang beribukota di Katau Madiun.

Bila dipecah menjadi empat provinsi, madura akan kebagihan 4,9 juta jiwa (melebihi penduduk singapura yang hanya 4 juta jiwa). Tiga gubernur di provinsi wilayah baru jawa timur juga akan kebagian penduduk yang masih sangat besar. Setidaknya kalau dibagi rata saja masih kebagian 11,2 juta jiwa, itu artinya hampir sama dengan rakyat ahok dijakarta.

Di luar Jawa, kebanyakan Provinsi berpenduduk rata-rata tidak nyampek 10 juta jiwa, hanya Sumatra Utara yang mencapai 13, 5 juta jiwa. Bahkan banyak juga Provinsi yang hanya berpenduduk sekitar dua ribuan.

Pembentukan Provinsi baru juga akan mempermudah rentang kendali, sebagai wakil dari pemerintah pusat gubernur akan lebih dekat dengan wilayah yang diurusnya. Misalnya, bila sudah ada Provinsi Mataraman, Pacitan tidak perlu mengurus kepentinganya ke Surabaya, cukup ke Kediri atau Madiun jika sudah menjadi ibukota. Begitupula banyuwangi, cukup ke jember jiak menjadi ibukota blambangan/padalungan.

Dengan adanya empat Provinsi diwilayah jawa timur, bisa muncul pusat-pusat pereadaban baru, namun hal tersebut harus dihitung masak-masak sebelum membuat wilayah baru. (Sept)

3 COMMENTS

  1. Kalau seandainya jadi propinsi lebih baik gabung dengan karisedanan Surakarta Yogyakarta Magelang jepara aja karena wilayah inti Mataram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here