Home Warta Daerah Disepakati APBD Tahun 2016 Kabupaten Pacitan 1,512 T, Dana Perimbangan Tetap...

Disepakati APBD Tahun 2016 Kabupaten Pacitan 1,512 T, Dana Perimbangan Tetap Mendominasi

1091
1
SHARE

Pachenews. Pacitan – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan akhirnya menyepakati Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pacitan pada tahun 2016 sebesar Rp 1,5 Trilyun. Keputusan tersebut diambil melalui rapat paripurna DPRD Pacitan, belum lama ini.

Menurut Ketua DPRD Pacitan, Ronny Wahyono, dengan disepakatinya Raperda APBD 2016 tersebut, maka Raperda akan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). “Dari lima fraksi, yakni Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Gabungan Pembangunan Nasional dan Fraksi Gabungan Amanat Rakyat menyetujui Raperda APBD 2016 untuk ditetapkan menjadi Perda,”katanya.

Namun seperti yang di beritakan sebelumnya bahwa APBD 2016 masih di dominasi oleh dana perimbangan dari pemerintah pusat. Target pendapatan asli daerah (PAD) masih sangat minim hal ini menunjukan bahwa pemerintah daerah ragu-ragu dalam mengembangkan potensi lokal yang ada di Pacitan.

Baca juga Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pacitan Tahun 2016 Masih Sangat Minim

Sebagai informasi, berdasarkan hasil pembahasan di rapat gabungan komisi dengan Pemda yang diwakili oleh tim anggaran, untuk pendapatan daerah, yang awalnya direncanakan sebesar Rp 1, 288 Trilyun naik menjadi Rp 1,512 Trilyun.

Adapun rincian dari APBD tersebut adalah untuk pendapatan asli daerah (PAD) ditetapkan sebesar Rp 109.873 milyar. Kemudian, yang kedua adalah dana perimbangan sebesar Rp 990,07 milyar. Sementara, yang pendapatan daerah yang sah adalah sebesar Rp 412,398 milyar.

Untuk belanja daerah, yang awalnya direncanakan Rp 1,325 trilyun akhirnya disepakati naik menjadi  Rp 1,549 trilyun dengan rincian belanja langsung, belanja tak langsung dan pembiayaan daerah. (Sept)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here