Home Warta Daerah Produksi Padi Di Pacitan Jauh Dari Target

Produksi Padi Di Pacitan Jauh Dari Target

311
1
SHARE

Pachenews. Pacitan – Akibat didera kekeringan yang cukup panjang, target produksi padi terancam tak terpenuhi. Kepala Bidang Penyuluhan, Sarana dan Prasarana (PSP), Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak), Kabupaten Pacitan, Bagianto, mengatakan, hingga September lalu, produksi gabah kering siap giling di Pacitan baru menyentuh kisaran 196.000 ton.Kondisi tersebut jauh dari target yang diharapkan sebesar 217.000 ton.

“Produksi padi kita memang lepas dari target,” katanya, Selasa (17/11).

Baca Juga :Gagal Panen, Patani Pacitan Rugi Ratusan Juta

Lepasnya target produksi padi tersebut, lebih dipengaruhi tidak siapnya para petani dalam menanam padi lantaran minimnya suplay air selama musim kemarau. Dari ribuan hektar lahan persawahan yang tersebar didua belas kecamatan di Pacitan, hanya beberapa wilayah yang sudah mulai menanam padi. Sehingga wajar saja bila target penanaman seluas 33.000 hektar, sama sekali belum ada realisasinya. Meski pada November ini ada target seluas 16.913 hektar. “Sejauh ini sama sekali belum ada laporan, berapa hektar sawah yang sudah mulai ditanami padi,” ungkap Bagianto.

Lebih lanjut, pejabat eselon IIIB itu mengatakan, secara bertahap pada musim tanam Oktober hingga Maret 2016 di‎ harapkan target tanam sudah mulai menampakan hasilnya. Pada Desember nanti diharapkan sudah tercapai sekitar 10.000 hektar. Selanjutnya pada awal Januari dimana debit air mulai surut, target tanam berkurang menjadi 5.290 hektar.

“Februari turun lagi menjadi 114 hektar dan Maret sekitar 113 hektar. Dengan proyeksi tersebut, diharapkan target tanam sejak Oktober hingga Maret bisa mencapai 33.494 hektar,” bebernya.(SDC).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here