Home Warta Daerah Bakesbangpol Sosialisasikan UU 23 Tahun 2014 Pada Organisasi Kemasyarakatan Pacitan

Bakesbangpol Sosialisasikan UU 23 Tahun 2014 Pada Organisasi Kemasyarakatan Pacitan

612
1
SHARE

Pachenews. Pacitan – Rabu, 18 November 2015, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pacitan Menggelar Pembinaan terhadap organisasi kemasyarakatan yang ada di kabupaten Pacitan. Bertempat di aula hotel remaja Pacitan kegiatan ini diikuti oleh seluruh organisasi yang ada di kabupaten pacitan, baik organisasi massa, organisasi kepemudaan maupun organisasi keagamaan.

Dalam pembinaan tersebut Bakesbangpol juga mensosialisasikan pasal 298 undang-undang 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah daerah sebuah organisasi, perkumpulan, kelompok masyarakat wajib berbadan hukum.

Menurut kepala Bakesbangpol Pacitan, Drs. Suharianto lebih dari 90% organisasi kemasyarakatan yang ada di Pacitan tidak mempunyai badan hukum. “Ratusan Ormas yang terdaftar di Bakesbangpol hanya beberapa saja yang berbadan hukum, selebihnya baru berstatus terdaftar keberadaanya” ungkapnya.

Mantan camat sudimoro tersebut juga menegaskan kepada seluruh elemen ormas bahwa pentingnya sebuah badan hukum, terlebih untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah. “Jika tidak berbadan hukum kami tidak bisa menganggarkan” tegasnya

Dalam kegiatan tersebut juga hadir sebagai perwakilan dari Bupati Pacitan Dra. Eni Setyowati (Asisten I) dan bagian hukum Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan Deny Cahyantoro, SH (Kasubag Perundang-undangan). Selain pembinaan kegiatan ini juga betujuan untuk menyamakan pemikiran antar pimpinan ormas dan LSM tentang aturan perundang-undangan yang baru. (Sept)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here