Home Warta Daerah Produksi Padi Jeblok, Stok Pangan di Pacitan Masih Aman

Produksi Padi Jeblok, Stok Pangan di Pacitan Masih Aman

258
0
SHARE

Pachenews. Pacitan – Beberapa bulan terakhir pacitan dilanda kemarau panjang, hal ini berakibat pada terpuruknya para petani karena tidak bisa menanam. Seperti diberitakan sebelumnya bahwa hasil pertanian dipacitan meleset jauh dari target. Namun demikian, tidak punya pengaruh yang signifikan terhadap ketahanan pangan kabupaten pacitan.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan setempat, Mulyadi mengatakan, stok pangan di Pacitan masih jauh diatas rata-rata konsumsi masyarakat. “Stok pangan kita masih aman, meski target produksi padi belum tercapai,” ujarnya, pada awak media kemarin.

Baca juga : Produksi Padi Di Pacitan Jauh Dari Target

Menurut Mulyadi, rata-rata konsumsi masyarakat akan beras tercatat sekitar 268 gram, perkapita per hari. Sehingga dalam setahun, konsumsi beras tercatat sebesar 98,14 kilo gram (kg), perkapita. “Rata-rata konsumsi beras pertahun hampir mendekati satu kwintal, per kapita,” terangnya pada awak media.

Mulyadi menjelaskan, produksi gabah kering siap giling hingga September lalu memang baru menyentuh angka 196.885,85 ton. Dari jumlah tersebut bila dikonversikan menjadi beras akan ditemukan angka 114.796 ton beras. Bila dibandingkan produksi Tahun 2014 yang tercatat sebesar 180.662 ton gabah siap giling atau setara dengan 105.325 ton beras, jelas ada kenaikan. Dari data tersebut, tentu ketersediaan beras di Pacitan masih jauh diatas rata-rata konsumsi masyarakat yang tercatat sebesar 65.757 ton.

“Dari data jumlah penduduk di Pacitan Tahun 2014, yang disuguhkan Balitbangtik, rata-rata konsumsi masyarakat akan beras hanya sekitar 58.878,73 ton/tahun. Sehingga dari data tersebut, stok pangan kita masih sangat aman,” tegas dia. (Sept)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here