Home Warta Daerah Setelah Sempat Melangit, Kini Harga Cabe Terjun Bebas

Setelah Sempat Melangit, Kini Harga Cabe Terjun Bebas

156
0
SHARE

Pachenews. Pacitan – Harga cabe merah yang sejak beberapa bulan lalu sempat melangit hingga dikisaran Rp 80.000 per kilo gram (kg), sekarang terjun bebas dikisaran Rp 13.000/kg hingga Rp 14.000/kg. Kabag Administrasi Perekonomian, Setkab Pacitan, Hj. Ani Yustiani, mengatakan, secara umum semua harga komoditi bahan pokok relative stabil. Kalaupun ada kenaikan, namun masih dalam kisaran wajar.

Menurut Ani, harga cabe yang semula sempat membuat lega petani, sekarang terjun bebas dilevel Rp 13.000/kg. ‎Persoalan tersebut lebih dipengaruhi ulah para tengkulak. Disisi lain, memang stok panenan petani saat ini lagi melimpah. “Kalau soal harga, kami lebih menduga sebagai akibat ulah pedagang dan tengkulak,” tuturnya.

Sementara itu pada kesempatan tersebut, mantan Kabid Pengelolaan Sumber Daya Kelautan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) itu juga menyinggung distribusi beras bagi masyarakat miskin (Raskin) yang hingga detik ini sudah mencapai bulan ke tiga belas dari 14 bulan penyaluran yang dijadwalkan. Ani menegaskan, distribusi raskin hingga bulan ini sudah hampir tuntas. “Desember nanti sudah distribusi bulan ke empat belas,” tegasnya.

Meskipun ada penambahan jatah penyaluran hingga bulan ke empat belas, akan tetapi jumlah rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM) masih tetap sama tidak ada penambahan ataupun penurunan. Yaitu sebanyak ‎41.519 RTSPM. (Sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here