Home Warta Daerah Guru Harus Malu Jika Tidak Lulus Uji Kopetensi Guru (UKG)

Guru Harus Malu Jika Tidak Lulus Uji Kopetensi Guru (UKG)

983
1
SHARE

Pachenews. Pacitan – Hari ini ribuan guru di kabupaten Pacitan diuji kemampuannya melalui uji kompetensi guru (UKG). Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) setempat, Sakundoko, mengatakan, agar para guru serius mengikuti program yang dibesut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu. “Kami berharap para guru serius mengikuti UKG. Sehingga pagu nilai 5,5 yang ditetapkan kementerian bisa terlampaui,” ujar Sakundoko, Kemarin (19/11).

Menurut Sakundoko, sejauh ini pihak panitia penyelenggara sudah mempersiapkan semua property yang dibutuhkan saat pelaksanaan UKG, pun para guru juga sudah diberikan motivasi. “Para guru diharapkan punya motivasi agar bersungguh-sungguh mengikuti UKG. Meski tidak berdampak terhadap status mereka sebagai guru profesional, bagi yang sudah bersertifikasi, namun UKG jangan dipandang remeh,” pesan mantan Staf Ahli Bupati Bidang SDM tersebut.

Lebih lanjut, orang nomor satu di satuan kerja yang menaungi dunia pendidikan itu mengungkapkan, pada UKG nanti, ada beberapa materi yang akan diujikan. Diantaranya seperti paedagogik, serta kompetensi profesional guru. “Kami yakin para guru banyak yang sudah menguasai IT. Sebab hal tersebut sudah dilaksanakan oleh semua guru dalam pembelajaran setiap harinya,” tutur Sakundoko.

Sakundoko juga berpesan agar para guru tidak panik. Sebab hasil UKG, memang tidak akan berpengaruh terhadap status guru profesional serta hak tunjangan pendidik (TP) yang sudah dinikmati para guru. Termasuk, isu akan adanya mutasi keluar daerah bagi guru yang nilainya jeblok, juga tidak dibenarkannya. “UKG ini tidak akan berdampak pada mutasi ataupun pencabutan TPP. Namun, para guru kami harapkan tetap serius dalam mengikuti UKG,” tandasnya. (Sep).

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here