Home Warta Daerah Pacitan Raih Penghargaan Adipura ke-8, Ini Rute Kirab Piala Adipura

Pacitan Raih Penghargaan Adipura ke-8, Ini Rute Kirab Piala Adipura

610
0
SHARE

Pachenews. Pacitan – Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, menyiapkan kirab atau arak-arakan piala adipura yang diraih tahun 2015 dengan menyusuri jalan di empat kecamatan dan dan sejumlah kawasan di kota itu pada Selasa (24/11/2015). Adapun rencananya kecamatan yang akan dilewati Piala Adipura adalah Donorojo, Punung, Pringkuku dan Kecamatan Pacitan kota.

Piala Adipura ke-8 yang diperoleh Pacitan ini rencananya akan diarak menggunakan mobil terbuka melintasi jalan-jalan protokol di Pacitan untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa Adipura kembali diraih. Usai diarak keliling kota, lambang supremasi tertinggi kebersihan kota itu akan dibawa ke Pendopo Kabupaten dan disambut sejumlah pejabat dan pegawai pemkab lainnya.

Adapun, rute kirab atau arak-arakan Piala Adipura tersebut akan diarak dengan rute dimulai dari tugu batas di Desa Cemeng, Kecamatan Donorojo, kemudian menuju ke tugu batas Donorojo-Punung kemudian dilanjurkan ke tugu batas Punung-Pringkuku. Selanjutnya, menuju ke tugu batas Pringkuku-Pacitan menuju ke ruko Desa Bangunsari dilanjutkan ke Perumnas Bangunsari.

Setelah dari Perumnas Bangunsari, dilanjutkan menuju ke Lapangan Sumberharjo dan diteruskan ke pertigaan ke kanan di Jalan RE Martadinata dan masuk ke Jalan Kolonel Sugiyono. Dari sini, piala akan diarak menuju ke perempatan Gerdon ke kiri, yakni Jalan AR Hakim, dilanjutkan menuju ke Sambong menuju ke pasar hewan Ponggo.

Kemudian, dari sini menuju ke pertigaan Semanten ke kanan  di jalan Tentara Pelajar, menuju ke Widoro, Nanggungan, Tanjungsari dan sampai ke Bundaran ke kiri di Jalan KA Posong kemudian dilanjutkan ke pos lalu lintas Tanjungsari ke kiri menuju ke jembatan Arjowinangun.

Selanjutnya, dari sini menuju ke pertigaan luwes ke kiri di Jalan Magribi menuju ke Menadi, ke kanan masuk Jalan Grindulu dan menuju ke Mentoro, Purworejo dan selanjutnya k eperempatan Ngadangan ke kanan di Jalan Bengawan Solo. Dari sini, menuju ke pertigaan Bangsri lurus menuju ke Kayen dan ke Makam Gunung Pegat ke kanan di Jalan Buwoo Keling.

Setelah itu, piala akan diarak ke Sirnoboyo, menuju ke Jalan KA Petung dan dilanjutkan menuju ke pasar Arjowinangun ke kiri dan kembali ke Jembatan Arjowinangun menuju ke pos lantas Tanjungsari ke kiri di Jalan Agus Salim. Selanjutnya dari sini menuju ke Masjid Baleharjo ke kiri di Jalan Raden Saleh menuju ke Jalan Cut Mutia dan selanjutnya ke pertigaan Pak Khariri ke kanan di Jalan Wahid Hasyim.

Selanjutnya dari sini menuju ke perempatan Cuwik ke kanan di Jalan Letjend Suprapto menuju ke perempatan Bapangan ke kanan di Jalan Ahmad Yani, menuju ke SDN Baleharjo I ke kiri di Jalan Imam Bonjol, kemudian menuju ke kanan di Jalan Jaksa Agung Suprapto dan berakhir di Pendopo Kabupaten.

Sebagaimana diketahui, Pacitan sukses meraih  Penghargaan Piala Adipura  ke 8 kalinya yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Bupati Indartato, Senin (23/11/2015) malam di  Hotel Bidakara, DKI Jakarta.

Sebelumnya, sejak tahun 2008, Pacitan selalu meraih penghargaan Piala Adipura untuk kategori kota kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here