Home Warta Daerah KAMI Pacitan Targetkan Desa Gayuhan Jadi Kampung TKI Mandiri

KAMI Pacitan Targetkan Desa Gayuhan Jadi Kampung TKI Mandiri

656
1
SHARE

Pachenews. Pacitan – KAMI Pacitan Targetkan Desa Gayuhan Jadi Kampung TKI Mandiri Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang selama ini mendapat sebutan Pahlawan Devisa ternyata

semakin mengerucut karena sesuai dengan upaya pemerintah dalam mensejahterakan TKI, lebih-lebih TKI Purna. Beberapa program pemberdayaan TKI purna telah diluncurkan, hal ini dengan harapan agar TKI yang sudah pulang dari negeri Jiran tidak lagi kembali menjadi TKI dan membuat usaha atau menciptakan peluang pekerjaan setelah dia kembali ke kampung halaman.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pacitan bekerjasama dengan Keluarga Migrant Indonesia (KAMI) Kabupaten Pacitan yang lagi getol-getolnya membuat program pemberdayaan dan Pendampimpingan TKI. “Program KAMI tahun ini bersama-sama dengan Dinsosnakertrans Kabupaten Pacitan untuk memberdayakan dan mendampingi TKI, terutama TKI Purna” Terang Ketua KAMI Pacitan Edi Santoso saat dilansir PacheNews(24/11/2015).

Tahun ini KAMI Kabupaten Pacitan sudah melakukan pelatihan dan pemberdayaan dengan memfasilitasi TKI Purna dalam pelatihan budidaya Sidat yang kemudian gayung bersambut secara resmi Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Pacitan Drs. Sunaryo, MM pada tanggal 9 Nopember 2015 memberikan fasilitasi bantuan kolam, benih sidat, serta pakan dan obat-obatan. Tahun ini memang progam Keluarga Migrant Indonesia (KAMI) difokuskan di Desa Gayuhan

Kecamatan Arjosari Pacitan. Desa Gayuhan adalah desa dengan jumlah TKI terbanyak se Kabupaten Pacitan. Dengan jumlah TKI yang banyak di desa ini, anggota harus diberdayakan dengan baik dengan cara meningkatkan kapasitasnya. “Kedepan Desa Gayuhan kita programkan menjadi kampung TKI Mandiri, artinya mantan TKI  harus mampu membuka usaha mandiri”. tambah Pria mantan TKI Malaysia itu.

Organisasi Keluarga Migrant Indonesia (KAMI) memang memiliki Visi-Misi untuk mendampingi dan memberdayakan TKI khususnya TKI Purna, dengan harapan setelah pulang dari merantau, TKI Purna bisa bersaing dalam menciptakan peluang pekerjaan dan harus mampu menghidupi keluarganya dengan layak tanpa harus kembali menjadi TKI. (ASM)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here