Home Kolom GMNI PACITAN: PILKADA PACITAN SEBAGAI MOMEN MUNCULNYA SEMANGAT BARU

GMNI PACITAN: PILKADA PACITAN SEBAGAI MOMEN MUNCULNYA SEMANGAT BARU

451
0
SHARE

Pachenews. Pacitan – Rabu 9 desember 2015 merupakan hari bersejarah bagi kabupaten Pacitan dan bebera padaerah lainya. Pasalnya di hari itu juga Pilkada Pacitan kembali dihelat. Pada pilkada kali ini berbeda dengan pilkada-pilkada sebelumnya. Selain dilakukan serentak berbarengan dengan daerah lain, pilkada kali ini juga di rasa cukup tenang-tenang saja. Persaingan dari kedua paslon tidak terlalu terlihat .

Seperti diketahui kedua pasangan calon baik nomor utur 1 Indartato- Yudi Sumbogo (Indigo) maupun nomor urut 2 Bambang Susanto – Sri Retno Dhewanti (Basudewa) tidak terlalu bergairah dalam persaingan memperebutkan kedudukan sebagai bupati dan wakil bupati Pacitan. Kedua calon cenderung dingin dalam melaksanakan strategi politiknya masing-masing. Hal tersebut berimbas pada tingginya angka golput di pilkada serentak yang baru saja digelar beberapa hari yang lalu.

Harus diakui angka partisipasi pemilih dalam pilkada Pacitan kali ini, jeblok jika disbanding penyelenggaraan pemilu-pemilu sebelumnya, sehingga hanya diikuti sekitar 60 persen pemilih dari total daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 467.890 orang.

Tingginya angka golput tersebut memicu reaksi dari berbagai elemen masyarakat Pacitan salah satunya dari aktivis mahasiswa yang tergabung dalam GMNI, Ketua DPC GMNI Pacitan memandang golput dari prespektif positif. Helmy Yusuf Evendi beranggapan bahwa Tingginya angka golput ini jangan lantas disesali melaikan harus segera ada evaluasi dari pelaksana pilkada.

Selain itu Golput juga dapat dijadikan motivasi bagi pasangan calon terpilih untuk membuktikan bahwa mereka mampu membawa perubahan untuk dearah Pacitan lima tahun kedepan. Sehingga masyarakat dapat merasakan sendiri dari manfaat pilkada tersebut.

“Tingginya Golput bukan sebagai hal yang harus disesali tetapi sebaliknya ini akan menjadi motivasi untuk kepala daerah terpilih segera membuktikan bahwa golput merupakan pilihan yang salah” UcapHelmy Yusuf Evendi

Disisi lain Helmy Juga menambahkan, GMNI Pacitan berharap Momen Pilkada ini dapat menjadi batu loncatan dan semengat baru bagi semua pihak, dalam membangun dan mensejahterkan masyarakat Pacitan. (Sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here