Home Nusantara Sosial Masalah Anak Jalan Mulai Merembes ke Daerah-daerah

Masalah Anak Jalan Mulai Merembes ke Daerah-daerah

633
0
SHARE

Pachenews – Problem anak jalanan, sekarang tidak hanya didominasi oleh kota-kota besar. Di Wonogiri, anak jalanan secara visual sudah dapat ditemukan di pusat kota. Nampak sekitar lima orang anak jalanan, dengan baju lusuh, rambut kumal, baju awut-awutan, yang sering disebut sebagai anak punk, menghiasi pertigaan di dekat pusat kota Wonogiri, atau sebelah barat alun-alun kota Wonogiri.

Perhatian pemerintah diperlukan agar kondisi ini tidak semakin merebak, karena bila berlarut akan menjadi budaya bagi kalangan remaja.

Banyak remaja yang akan beranggapan bahwa anak jalanan merupakan bentuk visualisasi dari keresahan mereka akan ketidakpastian hidup, dan ini berakibat besar pada kemalasan untuk belajar maupun bekerja.

Peran dinas sosial semestinya dibutuhkan karena ini merupakan konsekuensi logis dari dampak pertumbuhan ekonomi dan industrialiasi yang sering meminggirkan orang-orang yang tidak berdaya. Pemerintah harus segera melakukan pembinaan untuk menyalurkan mereka pada potensi seni, olahraga atau hal-hal positif lain. (Lis/Sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here