Home Nusantara Kesehatan BPJS Perlu Penataan Rujukan untuk Optimalisasi Pemanfaatan Fasilitas Kesehatan

BPJS Perlu Penataan Rujukan untuk Optimalisasi Pemanfaatan Fasilitas Kesehatan

328
0
SHARE

Pachenews – dr.Mohamad Ihsan Akbar yang merupakan salah seorang manajer pelayanan medis di salah satu rumah sakit besar di Purwokerto, menyampaikan bahwa di era BPJS sekarang banyak fasilitas kesehatan yang tidak termanfaatkan secara optimal.

Menurutnya kondisi ini diakibatkan oleh sistem rujukan yang belum teratur, belum mempertimbangkan efektivitas pemanfaatan fasilitas kesehatan.

Banyak klinik, Puskesmas yang langsung merujuk pasien, tidak berdasarkan urutan prioritas rumah rumah sakit. Seringkali pasien dengan tingkat keparahan penyakit yang masih rendah, sudah langsung dirujuk ke rumah sakit kelas B, padahal harusnya rumah sakit kelas C dan kelas D masih mampu menanganinya.

Dampaknya, rumah sakit kelas B penuh oleh pasien dengan penyakit yang ringan, sedangkan pasien dengan penyakit yang lebih berat tidak tertampung dan harus antri.

Disisi lain rumah sakit kelas C, kelas D banyak yang kosong menganggur dan tidak termanfaatkan, inilah pangkal dari tidak optimalnya pemakaian fasilitas kesehatan.

Akbar juga menambahkan, Rumah sakit kelas C dan D memang kebanyakan merupakan rumah sakit swasta, yang tentu saja sangat bergantung keberlangsungan hidupnya dengan banyaknya pasien yang dilayani, sementara rumah sakit dengan kelas A dan B sebagian besar merupakan rumah sakit milik pemerintah atau swasta besar.

Kondisi inilah yang seharusnya menjadi perhatian besar pemerintah, terutama BPJS, agar optimal memanfaatkan pemanfaatan fasilitas kesehatan. Persepsi pemerintah semestinya dirubah, karena rumah sakit swasta merupakan penyedia mandiri fasilitas kesehatan, yang seharusnya secara penuh menjadi tanggung jawab negara. Keberlangsungan hidup rumah sakit swasta, membantu meringankan beban pemerintah dalam melakukan layanan kesehatan. (Lisan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here