Home Kreatif Berwirausaha, Kuliah Malah dapat Duit

Berwirausaha, Kuliah Malah dapat Duit

565
0
SHARE

Pachenews – Semua orang berpikir bahwa kuliah tentu membutuhkan banyak biaya, disamping harus mengeluarkan uang untuk bayar SPP, kuliah juga membutuhkan uang saku untuk kos, beli bensin perjalanan, mengerjakan tugas dan kebutuhan yang lain.

Bagi Imam, mahasiswa Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Pacitan ini, justru sebaliknya. Kuliah baginya merupakan kewajiban, tetapi disisi lain merupakan peluang usaha yang harus dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

Siapa sangka mahasiswa ini ternyata melakukan wirausaha yang sangat sederhana, dengan modal yang sedikit, resiko yang rendah dan keuntungan yang cukup besar.

“Orang muda seperti saya kan belum banyak modal, modalnya masih dengkul, kalau harus bisnis banyak modal, dari mana”, Imam menambahkan.

Berbekal kardus bekas yang didalamnya diisi 25 bungkus nasi dalam mika transparan, Imam membawa daganganya ke kampus. Nasi bungkus itu dititipkannya di Koperasi Kampus untuk dijual, tapi menurutnya kadang belum sampai koperasi sudah banyak di beli mahasiswa yang lain.

Usaha jualan nasi kuning ini tidak pernah bersisa, dari 25 bungkus yang di jual di kampus, ternyata laris manis dibeli semua mahasiswa yang memang perutnya kosong, apalagi harganya cukup murah bagi kantong mahasiswa yaitu berkisar tiga ribu rupiah.

Salah seorang mahasiswa pelanggan nasi kuning Imam mengatakan, “ lumayan mas, tiga ribu rupiah, perut kenyang, bandingkan kalau harus ke warung, minimal enam ribu, kalau sudah tambah minuman bisa delapan ribu”.

Menurut Imam, keuntungan jualan Nasi Kuning kalau dihitung-hitung sudah dapat memenuhi biaya SPP dan kebutuhan kuliah yang lain. Sederhana memang kelihatannya, ternyata bila pandai memanfaatkan peluang, keuntungan tentu di depan mata. (Lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here