Home Warta Nasional Nelayan Juwana Menuju Poros Maritim Dunia

Nelayan Juwana Menuju Poros Maritim Dunia

1670
0
SHARE

Pachenews – Ratusan kapal kayu dengan ukuran besar bersandar di Pelabuhan Juwana Kabupaten Pati. Sebagian ada yang membongkar Ikan, yang berada di dekat tempat pelelangan ikan. Sebagian yang lain sedang melakukan perbaikan, atau sekedar melakukan pengecatan.

Hampir semua orang beranggapan bahwa nelayan merupakan profesi dengan keterbatasan ekonomi, kecilnya pendapatan, sehingga miskis dan tak berdaya.

Bila semua orang melihat kapal-kapal di pelabuhan Juwana tentulah akan melakukan revisi persepsi itu, karena hampir semua kapal harganya lebih dari dua milyar, bahkan menurut bebarapa nelayan untuk beberapa kapal harganya mencapai enam milyar.

Hampir semua kapal sudah menggunakan teknologi yang cukup tinggi, karena sudah memakai perlengkapan freezer sehingga mampu berlayar berpuluh-puluh hari, bahkan berbulan-bulan.
Harga freezer di kapal-kapal itu mencapai milyaran rupiah, juga maka wajar kalau kapal beserta perlengkapannya harganya juga sampai enam milyar.

“Ini semua milik nelayan mas, tidak ada yang milik perusahaan, tapi biasanya kalau sudah punya satu kapal, selanjutnya akan berank pinak, bahkan satu orang ada yang sudah punya puluhan kapal”, kata salah seorang awak kapal yang di pelabuhan.

Menurutnya juga banyak diantara para pemilik kapal itu yang awalnya juga merupakan awak kapal, atau nahkoda. Makanya semua kapal di Juwana merupakan milik perorangan bukan milik PT atau milik perusahaan besar. Kapal yang berlabuh ini kurang dari seperempat dari seluruh kapal yang ada di Juwana, yang sedang berlayar jauh lebih banyak.

Seandainya semua nelayan sudah seperti nelayan Juwana, dengan penghasilan bisa mencapai 5 juta tiap bulan untuk awak kapal dengan posisi terendah, maka semua nelayan di Indonesia akan sejahtera.

Program menjadi negara poros maritim tentu saja akan tampak hasilnya karena sebetulnya laut adalah kolam besar yang tidak harus menebar benih, tidak harus menebar pakan, karena darinya langsung dapat ditangkap ikan-ikan besar.

Aplikasi teknologi bagi nelayan Indonesia sebagaimana pemakaian freezer yang dilakukan nelayan Juwana akan membawa dampak besar bagi kesejahteraan nelayan di Indonesia. (Lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here