Home Nusantara Berita Desa Jambore Desa : Kentongan, Aplikasi untuk Masyarakat Kota dan Desa

Jambore Desa : Kentongan, Aplikasi untuk Masyarakat Kota dan Desa

599
0
SHARE

Pachenews. Wonosobo – Sebanyak 32 peserta Jambore Desa di kelas tematik Sistem Informasi Desa (SID) dikenalkan dengan aplikasi kentongan, Selasa (15/12). Peserta yang berkumpul di kelas IV SDN Wulungsari terlihat bersemangat ketika Saddam Hussain Achmet mengenalkan aplikasi kentongan buatan timnya.

“Cara Smart Bertetanga” itulah tagline yang ditunjukan oleh Saddam ketika menyampaikan materi. Awalnya kentongan dibuat untuk mengikuti Hackathon Merdeka 2 dan berhasil menang sebagai juara pertama di kategori kependudukan. Saddam mengakui bahwa aplikasi ini dibuat untuk masyarakat perkotaan, tapi alangkah baiknya jika masyarakat desa mengetahui bahwa informasi bisa di dapatkan melalui aplikasi smartphone.

Aplikasi kentongan bisa download gratis di play store. Selain itu banyak fitur yang ditawarkan seperti detail RT, warga, kas RT, laporan warga, info kegiatan dan tanda bahaya. “Jika peserta membutuhkan penyuluhan aplikasi ini, kita bisa datang,” ujarnya.

Bilaludin, salah satu peserta asal Kebumen mengatakan bahwa kentongan adalah hal yang baru dan bisa diaplikasikan dengan melibatkan keluarga. Selain mendapatkan pengenalan tentang aplikasi kentongan, peserta juga mendapatkan materi lain terkait Sistem Informasi Desa dari perwakilan Infest, SID dan LPTP. (Yolanda/Sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here