Home Warta Nasional Kongres Buruh Migran Indonesia 2015 digelar di Ponorogo

Kongres Buruh Migran Indonesia 2015 digelar di Ponorogo

726
1
SHARE
KAMI
Foto Agus

Pachenews – Buruh Migran Indonesia (BMI) menggelar agenda besar bertajuk “Kongres Buruh Migran Indonesia” 16-19 desember 2015. Kegiatan yang digelar di hotel Tlogorejo, Ngebel, Ponorogo ini mengambil tema “Konsolidasi dan Optimalisasi Peran KAMI Sebagi Wadah Aktualisasi Buruh Migran Indonesia”. Hadir sebagai peserta adalah pengurus pusat KAMI dan pengurus daerah di seluruh Indonesia.

Dalam sambutanya, Agus Salim (Ketua Panitia) mengatakan bahwa Kongres Buruh Migran Indonesia (BMI) ini merupakan wadah konsolidasi pengurus seindonesia dalam mengawal BMI dan memberdayakan TKI purna.

“Kongres tahun ini dalam rangka konsolidasi internal dan optimalisasi peran KAMI sebagai wadah BMI, sekaligus sharing gagasan dan potensi bagi mantan BMI dan keluarganya” ujar mantan buruh migran ini.

Hari ini yang terjadi di lapangan, buruh migran sebagai pengumbang devisa negara terbesar nasibnya tidak menentu, baik ketika sedang di perantauan maupun ketika sudah pulang ke tanah air. Banyak pula buruh migran yang sukses ketika merantau karena tidak mampu memenejemen penghasilanya ketika pulang ke indonesia masih tetep miskin, karena kurangnya pendampingan terhadap mereka. Harapanya dengan adanya KAMI kedepan mampu mengadvokasi segala bentuk peristiwa dan kejadian yang berhubungan dengan buruh migran.

Terpisah Adi Candra, Direktur Eksekutif Migrant Institut mengatakan bahwa rakyat Indonesia dengan kekayaan alamnya tidak layak hidup kekurangan apalagi sampai kelaparan. Kekayaan indonesia sangat cukup untuk kesejahteraan seluruh rakyat indonesia, tinggal bagaimana kita menggarapnya.

“Ukuran sukses bukan selamanya berada di negeri orang, namun kita juga harus sukses pasca jadi TKI, dengan memaksimalkan potensi negeri ini dan berwirausaha” Ucapnya. (ASM)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here