Home Nusantara Berita Desa Musim Tanam Tiba, Petani di Arjosari Keluhkan Kelangkaan Pupuk

Musim Tanam Tiba, Petani di Arjosari Keluhkan Kelangkaan Pupuk

405
0
SHARE

Pacitan – Sebagian besar petani di Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan mengeluhkan kelangkaan pupuk yang terjadi di wilayah itu. Terjadinya kelangkaan pupuk dipengaruhi banyaknya kebutuhan petani pada saat musim tanam padi, sedang stok pupuk di beberapa distributor semakin minim.

Seperti yang terjadi di Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari, stok pupuk di beberapa distributor atau kios telah habis sejak beberapa hari lalu. Alhasil Sebagian besar petani di desa itu tidak mendapatkan pupuk.

Para petani mencari pupuk dari kios satu ke kios lainnya. Namun, hasilnya nihil. Pemilik kios memberikan perkiraan stok pupuk akan tersedia  pada hari sabtu (19/12). Namun para pemilik kios juga tidak dapat menjanjikan kepastian pupuk besok sudah tersedia.

Jamal (26), salah seorang petani setempat berharap agar kelangkaan pupuk ini tidak berlangsung lama. ” Agar petani seperti kami dapat segera memupuk tanaman padi. Karena jika tidak dipupuk, hasilnya akan tidak maksimal” ucapnya, Jum’at (18/12).

Menanggapi kelangkaan pupuk saat musim tanam, Sapto Pitoyo, aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pacitan pun angkat bicara. Dia merasa heran, setiap musim tanan padi datang pupuk dipasaran selalu terjadi kelangkaan dan bila tersedia pun harganya mahal.

” Bila tidak musim tanam padi pupuk dipastikan cukup tersedia dan harga relatif stabil, namun sebaliknya saat musim tanam justru terjadi kelangkaan pupuk, sebenarnya apa yang terjadi ?,” ucapnya heran.

Sapto berharap kepada pemerintah daerah atau Dinas terkait agar segera terjun langsung dan melihat keadaan di lapangan, tidak terbatas hanya di Desa Jatimalang tetapi seluruh wilayah di Kabupaten Pacitan. ” Guna menindaklanjuti masalah yang dihadapi para petani ini, sehingga kelangkaan pupuk dapat segera teratasi,”  imbuhnya. ( Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here