Home Nusantara Pesantren Makam Gunung Lembu, Destinasi Wisata Religi di Pacitan Saat Liburan

Makam Gunung Lembu, Destinasi Wisata Religi di Pacitan Saat Liburan

2293
0
SHARE

Pacitan – Makam para ulama Pesantren Tremas dan tokoh Pacitan yang berada di Makam Gunung Lembu Desa Tremas, Arjosari dan Makam Bukit Semanten, Pacitan terus ramai diziarahi masyarakat. Terlebih pada libur panjang tahun baru yang sekaligus berbarengan dengan liburan sekolah.

Sejak libur Nasional Maulid Nabi, kedua pemakaman tersebut menjadi jujugan wisata religi bagi masyarakat. puluhan kendaraan roda empat maupun roda dua bernomor polisi luar pacitan, seperti jakarta, cirebon, pekalongan, solo dan surabaya tampak memadati tempat parkir makam. ” Kami rombongan dari salatiga,” jelas salah satu peziarah bernama Miftah, Sabtu (26/12).

Selain untuk berdoa, melalui ziarah itu para peziarah sedang menunjukkan bahwa ada kerinduan terhadap figur seorang pemimpin. mereka banyak melakukan tawassul atau memohonkan doa agar hajatnya terkabulkan, sebab masyarakat muslim nusantara meyakini bahwa para ulama merupakan kekasih Allah SWT yang lebih dekat dengan-NYA.

1928766_621776341294976_1045724251382484241_n

Selain itu, ziarah juga sebagai cara memperkenalkan kepada generasi muda agar lebih mengenal figur pemimpin yang pernah berjasa bagi agama dan negara.” Saya mengajak anak-anak, biar mereka tahu disinilah makam guru-guru saya,” imbuhnya.

Di makam gunung lembu dan bukit semanten, dimakakamkan para ulama seperti KH Abdul Manan Dipomenggolo ( Wafat 1860) pendiri pertama Pesantren Tremas Pacitan yang merupakan generasi pertama orang indonesia yang belajar di Universitas Al Azhar Kairo Mesir.

Selain kedua makam itu, terdapat pula makam sesepuh pacitan, Simbah Yahudo. Makam ini terletak di pemakaman Lorok, Nadirojo, Pacitan. Para peziarah tidak perlu khawatir arah jalan, karena didaerah tersebut banyak papan petunjuk menuju makam yang dibuat oleh masyarakat setempat. ( Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here