Home Nusantara Prostisusi Rumah Tangga Masa Lalu Dukuhseti yang Melegenda

Prostisusi Rumah Tangga Masa Lalu Dukuhseti yang Melegenda

5989
3
SHARE
Dukuhseti

Pachenews. Pacitan – Sebagian besar orang mungkin sudah terbiasa mendengar lokalisasi prostitusi, terutama yang ada di kota-kota besar. Gang Doli, Sarkem, merupakan beberapa nama mashur lokalisasi yang banyak di kenal orang di seantero negeri ini.

Tapi siapa sangka, di pelosok Jawa Tengah, yaitu yang berjarak 35 km dari Kota Pati, atau 90 Km dari Kota Semarang, di masa lalu terdapat semacam pusat prostitusi yang terselubung, tetapi banyak di kenal oleh para penggemar dunia esek-esek ini.

Desa Dukuh seti kabupaten Pati pernah mengisi sejarah masa lalunya, saat 20-an rumah, menjadi pusat kegiatan prostitusi. Kegiatan prostitusi yang terselubung dengan kehidupan rumah tangga ini diawali dari tahun 1975 an, saat beberapa ibu rumah tangga melakukan profesi tambahan di rumah sebagai pelaku jasa prostitusi. Ibarat jamur di musim hujan, kisah sukses beberapa orang ini diikuti oleh puluhan ibu rumah tangga yang lain.

Prostitusi terselubung ini menjadi terkenal, dan banyak didatangi oleh tamu-tamu dari daerah lain, yang bahkan para tamu itu dari kalangan atas karena banyak yang bermobil mewah, yang tentu saja menjadi barang terbatas pada saat itu.

Sadar akan resiko sosial yang tinggi, karena ibu rumah tangga, seorang istri dan sekaligus ibu dari anak-anaknya melakukan penyimpangan sosial, dan juga banyak menular pada tetangga-tetangga yang lain, menjadikan beberapa tokoh pemuda mempelopori gerakan pemberdayaan masyarakat, dalam bentuk gerakan MORALISASI.

Asmawi Hasan, yang merupakan salah seorang pelopor gerakan sekaligus koordinator gerakan moralisasi Dukuhseti menceritakan banyak pengalamannya dalam memerangi prostitusi ibu rumah tangga ini. Mantan komandan BANSER NU Dukuhseti ini menuturkan pengalamannya selama lima tahun untuk memberdayakan masyarakat agar sadar akan resiko sosial prostitusi rumah tangga.

Tantangan dan hambatan yang besar tidak menyurutkan niatnya melakukan gerakan, karena prostitusi telah menajadi gurita bisnis pedesaan yang menjanjikan. Prostitusi rumah tangga ini sudah melibatkan ribuan orang, mulai dari penunjuk jalan, pemasar, warung makan, aparat keamanan, preman dan bos-bos yang semuanya menikmati hasil aliran dana prostitusi ini. Seringkali ancaman pembunuhan dan tindak kekerasan menghantui seluruh upaya pemberdayaan yang dilakukan.

Gerakan yang dilakukan didasarkan pada prinsip anti kekerasan, yaitu dengan melakukan upaya mendata pengunjung dari luar daerah, dengan mencatat identitas pengunjung, identitas mobil pengunjung dan mengirimkan surat pada keluarganya bahwa suaminya, atau anggota keluarganya telah mengunjungi Dukuhseti untuk menjadi pelanggan prostitusi rumah tangga. Upaya ini cukup ampuh, karena pengunjung akan diketahui perilakunya oleh istri atau orang tuanya, sehingga menjadi jera.

Konsistensi metode gerakan selama lima tahun, menjadikan penurunan jumlah pengungjung, dan tentu saja membangkrutkan gurita bisnis prostitusi ini.

Sekarang anak-anak kecil di Dukuhseti telah terbebas dari pengaruh prostitusi yang sangat negatif, karena mereka tidak lagi tahu dengan mata kepala sendiri bahwa ibunya atau tetangganya, merupakan pelaku prostitusi di rumahnya sendiri.

“Gerakan amar ma’ruf nahi mungkar, akan lebih efektif dengan tanpa kekerasan dan dilandasi cinta kasih”, Asmawi Hasan menyimpulkan dalam ahir pembicaraan.

3 COMMENTS

  1. What worries me is that Russia and China are happy the way Iran is evolving. It's more than a Israel VS Iran thing. It's Russia and China VS the USA and allies, at a time where the USA is broke and demoralized after years of war.

  2. Dear David,I look forward to buying and reading your book. I love reading about people on WW, the ups, the downs and the success stories. It just makes the program more real,it shows that we all have a story to be told.I live the WW program! WW gave me the opportunity to be active, Healthy and a 45lb weight loss lifetime member. I truly know happiness now. Congratulations to you on your journey and book How can I get my copy signed by you?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here