Home Kreatif SMK NURUDH DHOLAM PACITAN PERSIAPKAN PENGUSAHA TERAMPIL BERBASIS PESANTREN

SMK NURUDH DHOLAM PACITAN PERSIAPKAN PENGUSAHA TERAMPIL BERBASIS PESANTREN

489
0
SHARE

Pachenews. Pacitan – Hari ini Rabu, 06 Januari 2016, SMK Nurudh Dholam Kebonagung Pacitan menggelar pelatihan pengolahan hasil laut dalam bentuk produksi tahu tuna. Kegiatan ini dikuti oleh puluhan peserta yang meliputi murid/santri, guru, sebagian wali murid dan masyarakat sekitar sekolah.

Agus Susanto, kepala SMK Nurudh Dholam berharap, pelatihan ini mampu meningkatkan kapasitas dan keterampilan murid dibidang usaha, sehingga dapat belajar berwirausaha sambil sekolah dan kemudian setelah lulus benar benar menjadi pengusaha yang ulet dan sukses.

Saat ditanya kenapa kok tahu tuna, priya yang juga ketua GP Ansor Kebonaggung ini menjawab, selain produksinya mudah, pasar juga mudah, produksi tahu tuna ini menyesuaikan daerah kebonaggung yang berada di pesisir pantai sehingga bahan baku sangat melimpah.

“Produksi juga bisa disambi sekolah, murid pun bisa memenuhi kebutuhanya sendiri dengan ini, dan tidak ada namanya anak kebonagung tidak sekolah gara gara tidak punya uang, karena kami sudah mempersiapkan pekerjaan sampingan buat mereka”  ucap agus.

Pelatihan kewirausahaan ini merupakan program SMK MINI dan bekerjasama dengan perusahaan tahu tuna Dewa Ruci. SMK mini adalah program yang diluncurkan oleh gubernur Jawa Timur untuk sekolah-sekolah yang berada dibawah naungan pondok pesantren.

“Terimakasih pak gubernur dan semua fihak yang membantu kegiatan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua” tambahnya.

Pelatihan keterampilan untuk mengasah skil memang sangat dibutuhkan apalagi denga telah dibukanya kran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) persaingan di dunia kerja dan usaha akan sangat ketat diperlukan keterampilan yang lebih agar mampu bersaing. Jika kalah terampil maka pribumi akan terdegradasi di negeri sendiri. (SEP)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here