Home Nusantara Berita Desa Siapa Pendamping Desa Yang Sesungguhnya?

Siapa Pendamping Desa Yang Sesungguhnya?

413
0
SHARE
Pendamping Desa

PACHENEWS.COM – Sebagaimana kita ketahui bahwa kehadiran Menteri Desa, Pembangunan dan Tranmigrasi atau yang sering disingkat Kemendesa, PDTT adalah mandat dari NAWACITA Jokowi-JK, khususnya NAWACITA Ketiga yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa.”

Untuk implementasi NAWACITA tersebut, tentunya para pendamping desa “wajib” untuk mengetahui tetang konsep desa sebagaimana yang diamanahkan oleh Undang-Undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa. Karena salah satu agenda besar dari NAWACITA itu sendiri adalah mengawal implementasi UU Desa secara sistematis, konsisten dan berkelanjutan dengan fasilitasi, supervisi dan pendampingan.

Seorang pendamping desa, baik pada level provinsi, kabupaten, dan loka desa harus betul-betul paham dan mengetahui bahwa, pendampingan desa itu bukan hanya sekedar menjalankan amanat UU Desa, tetapi dituntut agar mampu mengawal perubahan desa untuk mewujudkan desa yang mandiri dan inovatif.

Untuk mewujudkan perubahan di desa, Kementerian Desa melalui Seknas Pendamping Desa dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Daerah (BPMD) melalui Satker P3MD di masing-masing provinsi merekrut atau menjaring putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi pendamping desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here