Home Warta Daerah FORMI, Ujung Tombak Pelestari Olahraga Tradisional Pacitan

FORMI, Ujung Tombak Pelestari Olahraga Tradisional Pacitan

362
0
SHARE
Bupati Pacitan

Pachenews. Pacitan – Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Pacitan diharapkan mampu memacu perkembangan potensi seni dan olah raga tradisional di kampung halaman Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Saat ini, Pacitan sendiri sudah memiliki banyak potensi olahraga masyarakat yang bisa dikembangkan, sebagian bahkan sudah mampu mengharumkan nama Pacitan dikancah regional maupun nasional.

Menurut Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM dalam keterangannya saat mengukuhkan pengurus FORMI Pacitan periode 2014-2017, Senin (11/1/2016) kemarin di Gedung Gasibu Swadaya, Pacitan menyampaikan bahwa menjadi tugas FORMI untuk mengangkat potensi seni dan olahraga tradisional masyarakat tersebut.

“Sehingga perlu adanya sarana untuk menampung hal tersebut, salah satunya, melalui FORMI, dan saya sangat menghargai dan punya harapan besar kepada FORMI, bukan hanya memasyarakatkan olah raga tradisional namun juga seni di Pacitan,”jelasnya, dilansir laman resmi SKPD Pacitan.

Dikatakan Indartato, banyak bidang tugas yang dapat digali FORMI di Pacitan, baik bidang rekreasi, seni, budaya maupun olah raga  tradisionalnya. FORMI Pacitan sendiri dipimpin oleh Luky Tribaskorowati Indartao, yang tak lain adalah istri Bupati Indartato.

Senada dengan Bupati,  Ketua FORMI Provinsi Jawa Timur, Drs Suparman, M.Si mengatakan bahwa FORMI memiliki tugas cukup mulia untuk memasyarakatkan olah raga rekreasi. Karena memulai dari olahraga Tradisional, seni dan rekreasi inilah akan muncuk prestasi. Karena menurut Suparman,  dalam kegiatan olah raga meliputi tiga unsur, yakni, olahraga prestasi, olah raga pendidikan dan olahraga rekreasi.

“Jangan sampai, kekayaan olah raga tradisional dan seni tanah air, berpindah pengakuan karena kurangnya perhatian, seperti halnya sepak takraw maupun pencak silat yang sudah mendunia, Kita akan terus gali potensi lokal lainya melalui FORMI,” ujarnya.

Sebagai informasi, FORMI saat ini dan di masa depan sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 dan sebagai Induk Organisasi Olahraga adalah satu-satunya wadah berhimpun dari organisasi-organisasi olahraga rekreasi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, baik secara nasional maupun di daerah, menjadi mitra strategis pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dalam kerangka mendorong dan menggerakkan pembinaan dan pengembangan olahraga rekreasi di seluruh Indonesia.

Selain itu, dengan bergabungnya FORMI atau Indonesia Sport for All Federation dalam TAFISA (The Association for International Sport for All) suatu organisasi dunia yang mewadahi olahraga rekreasi-masyarakat di seluruh dunia, maka keberadaan FORMI telah diakui secara International dalam pergaulan gerakan Sport for All Global.

FORMI sebagai induk organisasi olahraga yang menjadi wadah berhimpun dari organisasi olahraga rekreasi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, baik secara nasional maupun di daerah, menjadi mitra strategis dari pemerintah, pemerintah dan masyarakat dalam kerangka mendorong dan menggerakkan pembinaan dan pengembangan olahraga rekreasi di seluruh Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here