Home Warta Daerah Dengan Basis Wisata, Posdaya Dadi Redjo Entaskan Keluarga Prasejahtera

Dengan Basis Wisata, Posdaya Dadi Redjo Entaskan Keluarga Prasejahtera

171
0
SHARE
Jpeg

Pachenews.com – Posdaya dadi rejo, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan pamer kesuksesan entaskan keluarga prasejahtera di Konvensi posdaya 2016 (14/01/2016), dalam diskusi panel sesi ke 4, melalui Slamet, ketua posdaya dadi redjo membeberkan evektifitas lelang kepedulian dalam menumbuhkan kesadaran pengentasan kemiskinan.

Berdasarkan pemetaan keluarga yng dilakukan posdaya dadi redjo ditemukan empat kaluarga yang berada di garis prasejahtera. “Keluarga prasejahtera ini terjadi karena mereka berusia lanjut dan penyandang disabilitas” kata Slamet.

Melalui potensi pariwisata pantai pidakan, posdaya dadi redjo menjalankan pemberdayaan berbasis keluarga ini dengan memaksimalkan peluang yang ada. Terbaru melalui bank sampah posdaya dadi redjo mampu menciptakan peluang pekerjaan bagi anggotanya. Bank sampah ini dikelola melalui sistem komputer.

Posdaya dadi redjo juga mempunyai lumbung masyarakat mandiri (Lumasi) sebagai wadah gotong royong warga masyarakat untuk saling membantu antara si kaya dan si miskin agar terlepas dari kesenjangan. Menurut Slamet gotong royong adalah kunci sukaes posdaya dadi redjo dalam melakukan pemberdayaan.

“Kawasan wisata pantai pidakan yang menjadi sumber dana ini juga kami kelola berdasarkan gorong royong warga, mulai membangun hingga menejemen” imbuhnya

Harapanya kedepan pemangunan sumberdaya manusia berjalan sejajar dengan pembangunan potensi yang ada. “Melalui posdaya berbasis wisata ini kita jadikan masyarakat yang mandiri, makmur dan sejahtera” tutup Slamet dalam paparanya. (Sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here