Home Warta Daerah Posdaya Mawar Sukseskan Jambanisasi 29 Keluarga Anggota Posdaya

Posdaya Mawar Sukseskan Jambanisasi 29 Keluarga Anggota Posdaya

250
0
SHARE
Jpeg

Pachenews.com – Konvensi Posdaya 2016, menampilkan paparan progres 20 posdaya rujukan terbaik nasional, salah satunya posdaya mawar dari Desa Wonoanti, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan. Endang Sukesi, ketua posdaya mawar memaparkan hasil dari pendataan dan pemetaan keluarga yang telah dilakukan oleh posdaya mawar secara lengkap dan gamblang mulai proses persiapan hingga evaluasi.

Berdasarkan pemetaan keluarga tersebut, tidak ditemukan adanya keluarga prasejahtera namun ditemukan 29 keluarga sejahtera 1 yang tidak memiliki jamban sehat. “Tidak ada keluarga pra sejahtera, namun kita telah sukses penyelesaikan 29 keluarga sejahtera 1 untuk mempunyai jamban sehat” ucap Endang.

Data yang dihimpun Pachenews.com bahwa ditahun 2015, posdaya bersama relawan posdaya pacitan berhasil merealisasikan lebih dari 1000 jamban sehat untuk keluarga posdaya di Kabupaten Pacitan. Dari seribu tersebut 29 diantaranya dari posdaya mawar, dan kini tidak ada satupun keluarga anggota posdaya mawar yang tidak mempunyai jamban sehat.

Selain mensukseskan jambanisasi, Posdaya Mawar juga sukses mengembangkan industrikeluarga berupa produksi tape gantung aneka rasa. Hingga saat ini berjalan dengan baik dan mulai berkembang d pasaran. “Saat ini kita hampir kewalahan, karna pelanggan semakin banyak” tambah Endang.

Posdaya mawar merupakan salah satu posdaya yang bertahan dan eksis untuk mengembangkan pemberdayaan berbasis keluarga di pacitan. Hingga tahun ini posdaya mawar mampu menggerakan semangat masyarakat untuk bergotong royong saling bahu membahu menuju masyarakat yang sejahtera, berdaya dan bahagia. (Sep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here