Home Warta Warta Utama Berikut Rekrutmen dan Persyaratan CPNS Tahun 2016-2017

Berikut Rekrutmen dan Persyaratan CPNS Tahun 2016-2017

2281
2
SHARE

Pachenews.com – Berdasarkan Keputusan kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 tahun 2002 Tentang Ketentuan pelaksanaan Peraturan pemerintah nomor 98 tahun 2000 Tentang pengadaan pegawai negeri sipil Sebagaimana telah diubah dengan peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2002. Bahwa dalam peraturan tersebut syarat umur yang ditentukan untuk bisa mengikuti pelamaran seleksi penerimaan CPNS adalah serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun.

Dengan demikian jiaka pelamar belum mencapai usia atau umur yang telah ditentukan tersebut yakni 18 tahun maka maka belum bisa diterima menjadi CPNS. Syarat umur tersebut dilihat berdasarkan tanggal lahir yang tercantum pada ijazah. Bagaimana dengan pengangkatan CPNS tenaga honorer yang sudah lama mengabdi? Pada peraturan tersebut dijelaskan bahwa Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil pada Prinsipnya tidak boleh melebihi usia 35 tahun. Namun Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil dapat dilakukan bagi yang melebihi usia 35 (tiga puluh lima) tahun, dengan ketentuan :

  • Telah mengabdi kepada instansi pemerintah baik pusat maupun daerah sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun secara terus menerus sebelum Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2002 yang ditetapkan tanggal 17 April 2002.
  • Masih melaksanakan tugas pada instansi tersebut; dan
  • Pengangkatan tersebut dilakukan berdasarkan kebutuhan khusus dan dilaksanakan secara selektif serta tidak boleh melebihi usia 40 (empat puluh) tahun. Kebutuhan khusus yang dimaksud dalam ketentuan ini adalah jabatan-jabatan yang ditetapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara berdasarkan usul dari Pejabat Pembina Kepegawaian instansi sebelum pengadaan pegawai.

Dari penjelasan diatas semoga bisa membantu anda yang masih bertanya-tanya apakah usia umur anda masih memenuhi persyaratan untuk ikut pendaftaran seleksi CPNS khususnya tahun 2016 ini. Ketentuan ini berlaku umum baik untuk pelamar penerimaan CPNS melalui jalur umum maupun untuk tenaga honorer.

Bagaimana kepastiannya akan kita ketahui pada masing-masing instansi nantinya setelah pengumuman penerimaan CPNS 2016 secara resmi dikeluarkan. Mungkin akan ada ketentuan lain, seperti pengalaman pada penerimaan CPNS tahun 2013 yang lalu pada instansi kementerian keuangan syarat usia pelamar CPNS dibatasi dengan aturan yang berbeda sesuai formasi dan kualifikasi pendidikan. Kementerian keuangan tahun lalu menetapkan batasan umur pelar CPNS jalur umum dengan ketentuan: minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk Sarjana S-1; minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun untuk Diploma Pelayaran; minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun untuk Diploma Umum; minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk SMK Pelayaran dan minimal 18 tahun dan maksimal 20 tahun untuk SMK Umum.

Kepada seluruh calon pelamar CPNS tahun 2016, sambil menunggu pelaksanaan ujian CPSN 2016, sudah bisa anda mempersiapkan diri dari sekarang untuk mempelajari kisi kisi soal soal CPNS dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Tujuannya untuk memudahkan anda lulus CPNS tahun 2016 nanti.

Sistem CAT merupakan sistem ujian yang sudah diharuskan pemerintah bagi setiap pelamar CPNS dalam mengerjakan soal soal yang diujikan saat ujian CPNS. Sehingga jika anda mau melamar CPNS tahun 2016 nanti, maka anda diwajibkan mahir mengerjakan soal CPNS dengan sistem CAT. (www.cpnsasn.com)

2 COMMENTS

  1. KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS
    Alhamdulillah berkat bantuan bpk Sidik Kadarusman beliau selaku Direktur Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS NO HP BPK SIDIK 0852-1400-0451

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk Sidik Kadarusman yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Direktur Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk SIDIK KADARUSMAN selalu aktif 0852-1400-0451 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.

  2. ASSALMUALAIKUM WRB… !!!!!!!!!!!!

    Alhamdulillah Lewat Postingan ini Saya Ingin publikasi’kan Kisah Cerita Sukses Saya Jadi Pegawai Negeri Sipil, semoga bermanpaat kpd anda semua
    Alhamdulillah Berkat bantuan, BPK BUDI YUWONO. Beliau selaku kepala Direktur Arsip Kepegawaian I ) Di BKN PUSAT JakartaNo hp beliau 0823-12345-305,
    Alhamdilillah saya sekarang sudah di ankat jadi PNS
    (WASPADA POSTINGAN PENIPUAN) Yang Mencatut Nama Bpk DEDE, Bpk AIDU TAUHID dan Bpk WARLI…………….!!!!!
    Sumpah Demi Allah ini Kisah Cerita Sukses Saya Jadi PNS
    Yang Saya Ingin Sampaikan Kepda Saudara/i
    Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas
    ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga
    bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS K2 Tahun 2014
    yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya
    ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 4 Madiun , Sudah 7 tahun saya
    jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali
    mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asa
    soal’nya banyak MODUS PENIPUAN yang mencatut nama Bpk Dede, Bpk Warli, dan Bpk Aidu Tauhid, tapi alhamdulillah ada teman facebook saya atas nama IMAM Yang memposting no telf Bpk Drs Budi Yuwono beliau.
    selaku kepala Direktur Arsip Kepegawaian I ) Di BKN PUSAT Jakarta.. yang di kenalnya di BKN PUSAT Jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya
    mengirim berkas saya melalui alamat kediaman beliau di jakarta, Satu Bulan kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk menerima pemberkasan saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau, sekarang
    saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat
    berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya untuk
    mengabdi pada negara, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin
    seperti saya anda bisa,
    Hubungi Bpk BUDI YUWONO. (Direktur Arsip Kepegawaian I ) Di BKN PUSAT Jakarta..
    No telf beliau yang selalu aktif 0823-12345-305
    Muda Mudahan beliau masih bisa membantu anda, Wass….. ini kisah cerita sukses saya jadi PNS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here