Home Nusantara Berita Desa 3640 Tenaga Pendampin Desa Profesional Siap Turun Untuk Kembalikan Kejayaan Desa

3640 Tenaga Pendampin Desa Profesional Siap Turun Untuk Kembalikan Kejayaan Desa

440
0
SHARE
Gus Ipul

Pachenews.com – Tenaga pendamping desa dalam proses pembangunan sangatlah penting perannya. Tenaga pendamping ini berperan sebagai fasilitator pemerintah dalam proses pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus mengawasi proses pembangunan yang ada di desa.

“Tenaga pendamping desa ini sekaligus sebagai agen perubahan, sehingga diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan hangat, berkarakter, dan mengedepankan dialog dengan masyarakat”, ujar Gus Ipul, sapaan akrab Wakil Gubernur Jatim, Drs H. Saifullah Yusuf saat menghadiri acara Penyerahan Surat Perintah Tugas (SPT) Tenaga Pendamping Profesional Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), di Islamic Centre Surabaya, Rabu (28/01/2016).

Gus Ipul mengatakan bahwa saat ini banyak permasalahan yang dihadapi Desa, salah satunya mengenai lahan. Banyak lahan desa yang saat ini dikuasai pemodal. Dengan iming-iming uang, banyak masyarakat yang menjual lahannya untuk kepentingan bisnis. Disinilah peran tenaga pendamping dalam memberikan pemahaman ke masyarakat untuk menjaga dan menggunakan lahannya dengan baik dan sesuai fungsinya.

Sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, prinsip dasar pemerintahan desa adalah adanya check and balances antara Kepala Desa dengan Badan Permusyawaratan Desa, adanya demokrasi perwakilan, serta proses demokrasi partisipatoris melalui musyawarah desa.

Menurut Gus Ipul, masih banyak masyarakat desa yang belum mengetahui tentang proses pembangunan serta pelaksanaan demokrasi. Untuk itu, tenaga pendamping diharapkan dapat mendampingi masyarakat dalam melewati proses itu. Selain itu, proses pembangunan juga memerlukan percepatan. “Sukses tidaknya percepatan ini tergantung dari bapak ibu sekalian”, ujarnya penuh semangat.

Di akhir sambutannya, Gus Ipul menyempatkan mengajak para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Pusaka. Prosesi itu membuat suasana menjadi khidmat dan sakral. Menutup pidatonya, Ia mengajak tenaga pendamping untuk semangat dan penuh dedikasi dalam menjalankan tugasnya demi kemajuan bangsa dan negara.

Sementara itu, Drs. Zarkasi, Msi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jatim mengatakan bahwa jumlah tenaga pendamping desa yang akan diberikan SPT kali ini berjumlah 3.640 orang peserta, dimana sebanyak 2.686 orang merupakan hasil rekrutmen Tahun 2015 dan sisanya berasal dari tenaga PNPM Mandiri dan beberapa tenaga ahli yang sudah ada.

Tenaga P3MD kali ini terdiri dari tenaga pembangunan partisipasi, tenaga ahli pemberdayaan  ekonomi desa, tenaga ahli infrastruktur desa, pendamping lokal desa, tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa, tenaga pembangunan partisipatif, tenaga ahli pengembangan teknologi tepat guna, dan tenaga ahli pengembangan pelayanan desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here