Beranda Warta Daerah Belum Bisa Serap Anggaran, SKPD “Ngutang”

Belum Bisa Serap Anggaran, SKPD “Ngutang”

194
0
Sigit Aji Mardani

Pachenews. Pacitan – Hampir mayoritas satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Pacitan, belum bisa menyerap anggaran kegiatannya. Kebanyakan unit kerja dibawah kendali pejabat eselon IIIA dan IIB tersebut, masih menggunakan dana talangan agar kegiatannya bisa dilaksanakan di bulan kedua tahun anggaran 2016 ini. Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Setkab Pacitan, Sigid Aji Mardani, membenarkan belum cairnya hampir semua anggaran kegiatan di setiap unit satuan kerja. “Sementara waktu mereka masih menggunakan dana talangan untuk membiayai kegiatannya,” kata Sigid di ruang kerjanya, Rabu (3/2).

Menurutnya, selama dua bulan berjalan, satuan kerja hanya bisa menyerap belanja gaji pegawai. Sedangkan anggaran kegiatan, sifatnya masih dana talangan. Bahkan tak sedikit satuan kerja yang ngutang sana-sini untuk membiayai kegiatannya itu. Meski ada fasilitas uang persediaan (UP) akan tetapi sejauh ini juga banyak yang belum bisa terealisasi. Sebab masih banyaknya persyaratan yang belum dilengkapi masing-masing satuan kerja. Misalnya saja seperti surat keputusan (SK) Pengelola. “Mau gak mau ya mereka mencari dana talangan dulu, agar kegiatannya bisa berjalan,” jelas mantan Kabag SDA tersebut pada wartawan.

Meski begitu, pejabat eselon IIIA ini optimistis, pada minggu kedua atau ketiga Februari ini, kebanyakan SKPD sudah bisa merealisasikan anggaran kegiatannya. Sebab direncanakan, pada bulan ke dua tahun anggaran 2016, sudah ada kegiatan pengadaan barang dan jasa yang akan ditenderkan. “Bulan ini dimungkinkan proses tender pengadaan barang dan jasa sudah ada yang dilaksanakan,” tukasnya. (yun/net/sep).

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.