Home Bilik Redaksi Editorial Esensi Hari Jadi Pacitan bukan Hanya Sebatas Hajatan Tahunan

Esensi Hari Jadi Pacitan bukan Hanya Sebatas Hajatan Tahunan

305
4
SHARE

Pachenews.com – Tepat di tanggal 19 Februari Masyarakat Pacitan akan merayakan hari jadinya yang ke – 271. Berbagai agendapun telah dipersiapkan oleh pemerintah daerah Pacitan, pihak swasta maupun masyarakat. tak banyak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya agenda berupa hiburan masih terlihat dominan. mulai dari perlombaan sampai dengan pangung hiburan telah dirancang dan dikonsep sedemikan rupa menariknya.

Hari jadi kabupaten Pacitan yang biasa disebut hajatan tahunan ini sangat dinantikan oleh masyarakat. Salah satu hal yang dinanti masyarakat adalah hiburan. Hiburan – hiburan itu selalu dinanti lantaran acara semacam itu jarang diadakan di daerah pesisir pantai selatan ini. Setiap tahun hajatan masyarakat pacitan yang biasanya di pusat kota Pacitan (Alun – Alun) itu selalu sukses dilaksanakan dengan ramai dan meriah.

Euforia yang diharapkanpun berhasil didapatkan. Tidak ada yang salah dengan kemewahan dan kemeriahan perayaan hari jadi yang menghasilkan Euforia begitu besar, tetapi banyak pihak yang melupakan suatu hal, yaitu esensi dari hari jadi itu sendiri.

Euforia perayaan hari jadi memang diperlukan, tetapi harus ada batasannya. Hari jadi kabupaten Pacitan yang ke 271 ini esensinya merupakan momentum penting untuk masyarakat Pacitan.

Momentum ini dapat digunakan semua pihak untuk evaluasi diri. Baik birokrasi, Legislatif, ormas, ataupun pihak lain. Mereka harus bertanya pada dirinya sendiri sudahkan memberikan perubahan yang berarti untuk daerah yang berarti melalui kerja kerasnya selama ini. Sebab yang terlihat saat ini kondisi Kabupaten Pacitan yang masih juga belum mampu menuntaskan kemiskinan dan penderitaan kaum marhaen. Ditambah lagi sistem kapitalisme yang mulai merebah, semakin membuat masyarakat kecil semakin sulit untuk bangkit.

Jika semua ini terus terjadi dan tidak ada perubahan yang berarti maka diyakini kabupaten Pacitan akan stagnan, akibatnya daerah ini akan tertinggal oleh daerah-daerah lain sebutnya Trenggalek yang sudah mulai berbenah.

Hasil Evaluasi mengenai berbagai kekurangan dan permasalahan itu pun harus segera di cari solusinya dan di selesaikan secepatnya. Tidak dipungkiri juga bahwa pihak pemerintah daerah maupun semua pihak telah melakukan berbagai trobosan untuk mencoba menyelesaikan semua itu hasilnya pun sudah mulai terlihat tetapi kerja yang lebih keras lagi perlu dilakukan agar semuanya bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Sekali lagi momentum hari jadi yang ke 271 bisa dijadikan cambuk penyemangat untuk pemerintah daerah berkerja lebih keras seperti selogan pemerintah pusat yaitu “kerja, Kerja, Kerja”.

Bukan hanya pemerintah masyarakat, perusahaan swasta, ormas, mahasiswa dan semua elemen masyarakat harus bahu membahu dan bergotong – royong demi membangun kota Pacitan menjadi lebih baik. Perlu di ingat bahwa hiburan dengan euforia sesaat tak banyak berarti, tetapi aksi nyata yang menghasilkan perubahan menjadi lebih baik akan sangat berarti bagi kabupaten Pacitan. (Helmi Yusuf Efendi/ Ketua GMNI Pacitan)

4 COMMENTS

  1. being fly with that Nasty skin, teeth and face. Hot kicks though, but goodness someone needs to hook him up with an apricot scrub, shea butter & some crest white strips. Beyonce is one hell of a woman. God bless her b/c I do&;n8217#t think I could do it. Shesh.Usher has been looking kind of right lately. That beard does something for me lol. I see u Usher lol

  2. Thank you, Chaamiey and Kaneganese. It is strange that 鬱島 is that mentioned in the poem.By the way, I have added another section from the æµè¯­±·æ史續 to the post. However, there are two Chinese characters that I was unsure of and replaced with a *. Could either of you tell me what those characters are?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here