Beranda Nusantara Olahraga Anak-anak Takut Air, Lomba Dayung Pacitan Sepi Peminat

Anak-anak Takut Air, Lomba Dayung Pacitan Sepi Peminat

364
0
Dayung Perahu Mancung Pacitan

Pachenews. Pacitan – Gelaran agenda besar dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Pacitan ke-271 seudah mulai bergulir, salah satunya adalah lomba dayung antar yang akan memperebutkan piala bupati Pacitan. Lomba dayung tahun ini akan dikemas dengan konsep yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jika beberapa gelaran sebelumnya di gelar di kawasan pancer dor tahun ini dipindah ke kawasan wisata kali barong yang terletak di desa Candi Kecamatan Pringkuku.

Untuk peserta pun tahun ini dirubah, yang di gelaran sebelumnya untuk umum kini diarahkan ke anak-anak sekolah. Tujuanya jelas, yaitu kembali mengenalkan jenis olahraga rekreasi masyarakat warisan nenek moyang ini ke anak-anak agar tidak punah.

Namun sayang, hingga hari akhir masa pendaftaran (09/02/2016), even yang juga disponsori oleh KNPI Kabupaten Pacitan ini  belum memenuhi target peserta, semula panitia mentargetkan 50 tim putra dan 50 tim putri sekabupaten Pacitan, baru ada 12 tim putra dan 8 tim putri yang mendaftar.

Muhammad Rofiqin, panitia kegiatan sangat menyayangkan kejadian ini, Pacitan yang notabene kawasan bahari namun minat anak-anak terhadap olahraga bahari sangat minim. “Ironis, Pacitan yang dikenal sebagi kawasan bahari, namun minat terhadap olahraga ini sangat minim, mereka beralasan anak-anak pacitan takut air” ucapnya.

Hal ini tentunya harus menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah, jangan sampai anak-anak pacitan menjadi kacang yang lupa kulitnya, yaitu lahir dikawasan bahari, dibesarkan di kawasan bahari namun takut air yang seharusnya menjadi kebanggaan anak-anak bahari. Lomba dayung perahu mancung ini merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang patut untuk kita lestarikan, dan disetiap tahun dipacitan selalu menggelar even ini untuk mempertahankan kearifan lokal daerah. (Sep)

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.