Home Kreatif Posdaya Akan Kembangkan Peternakan Kambing di Pacitan

Posdaya Akan Kembangkan Peternakan Kambing di Pacitan

542
0
SHARE
Ternak Kambing Posdaya

Pachenews. Pacitan – Tim pembina Posdaya Kab. Pacitan melalui Relawan Posdaya selalu berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pacitan, khususnya keluarga pra sejahtera. Kali ini program ternak kambing menjadi salah satu prioritas utama.

Dian Budi Anggraeni selaku Konsultan Penghubung Yayasan Damandiri Pacitan mengatakan bahwa mayoritas pencaharian warga Pacitan adalah petani, dan sebagian besar juga sebagai peternak kambing. Potensi besar itulah yang membuat program ini dirasa sangat cocok untuk diterapkan pada masyarakat Pacitan. Mengingat potensi alam Pacitan juga sangat mendukung.

Upaya yang dilakukan untuk mencapai kesuksesan program tersebut pada 6-7 Februari 2016 lalu, tim pembina posdaya dengan didampingi Relawan Posdaya mengikuti pelatihan ternak kambing yang dilaksanakan di Jombang. Peserta diikuti oleh 14 orang dari perwakilan Posdaya dan Dinas Pertanian dan Peternakan. Harapannya para perwakilan yang mengikuti pelatihan ini dapat menjadi tutor untuk menularkan ilmunya kepada para peternak kambing di wilayah Posdaya masing-masing. Pelatihan ini disambut positif oleh para peserta.

Fajar Isnawan selaku perwakilan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pacitan mengungkapkan bahwa pelatihan ini dinilai sangat bagus. Adanya pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam dunia ternak kambing. Para peternak selama ini masih menjalankan sistem ternak tradisional baik dari sistem kandang, pakan, maupun sistem management nya. “Semoga sistem yang kita pelajari di sana (red; Jombang) dapat diterapkan di Pacitan, begitu tuturnya!”

Wawasan dari pelatihan inilah yang nantinya akan dijadikan sebuah batu loncatan khususnya dunia peternakan kambing Pacitan dalam upaya pengentasan keluarga pra sejahtera. Eko Budi Prasetyo, ketua Relawan Posdaya mengatakan bahwa sudah saatnya pengetahuan masyarakat Pacitan terkait bagaimana cara ternak kambing yang baik dan benar dibuka selebar-lebarnya. Di Jombang satu orang mampu mengurus sampai 50 ekor kambing seorang diri. Itu dirasa mustahil namun begitulah kenyataannya. “Dengan sistem yang baik itu bukanlah suatu hal mustahil, di sanalah buktinya!” ucap eko. (Alwi Haryanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here