Beranda Warta Daerah Tanaman Cengkeh Akan Jadi Komoditi Unggulan Pacitan

Tanaman Cengkeh Akan Jadi Komoditi Unggulan Pacitan

308
0

Pachenews. Pacitan – Sebanyak 166 Pemerintah Desa (Pemdes) yang tersebar di Kabupaten Pacitan diminta lebih giat menggali segenap potensi andalan yang ada di wilayahnya. Salah satunya adalah Desa Karangmulyo, Kecamatan Sudimoro yang memiliki potensi cengkeh yang sangat besar.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM saat berdialog dengan warga dalam acara Tilik Warga di Desa Karangmulyo Kecamatan Sudimoro, baru-baru ini. Bupati melihat, khususnya di Desa Karangmulyo, wilayahnya sangat cocok untuk pengembangan tanaman cengkeh. Tidak hanya diambil buahnya, namun daunnya pun dapat diproses menjadi minyak.

“Pemerintah desa jeli dalam menggali potensi yang ada di wilayahnya. Apapun sumber daya yang dimiliki, jika terkelola dengan baik maka akan memberi keuntungan bagi masyarakat, disini, ada tanaman cengkeh yang memang memiliki keuntungan ganda, selain buah, daun cengkeh juga bernilai ekonomi tinggi,” jelasnya, sebagaimana dilansir laman SKPD Pacitan.

Selain pemberdayaan potensi wilayah, Bupati Indartato juga minta agar pemanfaatan anggaran dana desa (ADD) dimanfaatkan sebaik baiknya. Jika tidak memungkinkan cukup untuk membiayai semua kebutuhan maka harus mengedepankan skala prioritas.

Selain buah cengkeh, selama ini warga masyarakat Desa Karangmulyo hanya menjual daun kering kepada pengepul. Belum banyak warga yang mengolah sendiri bahan untuk minyak itu karena keterbatasan sarana dan prasarana.

Warga pun minta kepada pemerintah daerah membantu permodalan serta pengadaan mesin penyulingan. “Kita akan upayakan bantuan peralatan agar petani lebih berdaya,” ujar Indartato. (SKPD)

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.