Beranda Warta Daerah Polsek Arjosari Amankan Seorang Pengguna Uang Palsu

Polsek Arjosari Amankan Seorang Pengguna Uang Palsu

424
1

Pacitan – Terlalu percaya diri tidak ketahuan justru membuat Milan, 49, warga Dusun Tulakan, Desa Mlati, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan apes. Dia ditangkap polisi karena menggunakan uang palsu (upal) untuk bertransaksi.

Aksi tipu-tipu Milan diketahui saat duit palsu tersebut digunakan untuk membeli rokok di lapak milik Iqbal yang mangkal dekat Pondok Pesantren Tremas. ‘’Awalnya pelaku datang membeli rokok dengan uang pecahan Rp 100 ribu. Penjual rokok curiga dengan uang itu. Setelah dicek dan diduga palsu akhirnya dilaporkan,’’ ungkap Kapolsek Arjosari AKP Edi Suyono, Sabtu (13/2) kemarin.

Diakui Edi, sekilas uang yang dipakai Mislan membeli rokok terlihat asli. Untuk memastikan, polisi membawa barang bukti tersebut ke salah satu bank untuk dicek. Dan dipastikan uang yang diterima Iqbal tersebut palsu. Apabila dibandingkan dengan uang asli, warna upal terlihat pudar dan kertasnya lebih tipis. ‘’Setelah itu kami melakukan penyelidikan. Ciri-ciri pelaku sudah diketahui dari keterangan korban,’’ jelasnya.

Setelah melakukan penyelidikan beberapa hari, akhirnya petugas berhasil menangkap Mislan di rumahnya. Saat digeledah, petugas juga menemukan dua lembar uang pencahan Rp 100 ribu yang belum digunakan. ‘’Saat itu juga, pelaku langsung kami bawa ke Mapolsek Arjosari untuk dimintai keterangan. Ada enam lembar uang pecahan Rp 100 ribu sebagai barang bukti. Beberapa di antaranya pernah digunakan untuk membeli rokok di Desa Mlati, Arjosari, dan Tremas,’’ terangnya.

Ketika ditanya dari mana pelaku mendapatkan upal tersebut, Edy belum berani memastikan. Berdasar keterangan pelaku, uang tersebut diperoleh dari hasil penjualan kayu. Namun, polisi masih berupaya melakukan pengembangan dan memastikan asal upal tersbeut. Akibat tindakannya, pelaku terancam hukuman 5 tahun penjara.(Her/Yup/Radar Madiun/Zaenal Faizin)

Komentar

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.