Home Warta Daerah Polemik Keberadaan Klinik Rawat Inap Artha Medika Terus Berlanjut

Polemik Keberadaan Klinik Rawat Inap Artha Medika Terus Berlanjut

326
0
SHARE

Pachenews. Pacitan – Polemik seputar keberadaan klinik rawat inap Artha Medika, terus berlanjut. Bahkan merunut informasi yang diperoleh wartawan, bangunan dengan dua lantai yang berlokasi di sepanjang Jl. dr Soetomo itu kepemilikan izin mendirikan bangunannya (IMB), tidak sesuai dengan keperuntukan bangunan. ‎

Menurut sumber tepercaya, IMB atas bangunan tersebut dipergunakan sebagai kediaman pribadi. Namun pada kenyataannya, bangunan milik salah satu dokter umum di RSD Pacitan itu, dipergunakan sebagai aktivitas bisnis, klinik rawat inap.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan (DCKTK), Kabupaten Pacitan, Heru Tunggul Widodo, mengatakan, sebagaimana prosedurnya, pengurusan IMB, hanya berkutat pada bentuk bangunan.

“Kalau keperuntukan dari bangunan, memang tidak masuk pada mekanisme pengurusan IMB,” tegas pejabat yang pernah tugas belajar ke Tokyo, Jepang itu, Rabu (13/4).

Heru juga menegaskan, sebelum terbit selembar IMB, beberapa instansi teknis lainnya juga dilibatkan dalam proses tinjau lapangan. Seperti halnya Dinas Kesehatan dan satuan kerja terkait lainnya.

“IMB itu hanya berkutat pada bentuk bangunan, tidak sampai pada keperuntukan dari bangunan tersebut,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) setempat, T. Andi Faliandra, menambahkan, dari sisi dokumen lingkungan, sudah prosedural. Termasuk instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) di klinik Artha Medika sudah memenuhi standar yang ditentukan.

“Kalau dokumen lingkungannya tidak ada masalah. Semua sudah sesuai prosedur, termasuk IPAL’nya juga sudah sesuai standar,” tegasnya. (BO/SD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here