Home Nusantara Sosial Buruh di Pacitan Cukup Rayakan Mayday dengan Jalan Sehat

Buruh di Pacitan Cukup Rayakan Mayday dengan Jalan Sehat

105
0
SHARE

Pachenews. Pacitan – Peringatan hari buruh sedunia pada Minggu (1/5/2016) atau biasa disebut dengan Mayday diperingati dengan cara yang sedikit berbeda di Pacitan. Ribuan karyawan dari 74 perusahaan mengikuti jalan santai. Rutenya melintasi jalan-jalan utama Kota 1001 Gua dengan jarak 4 Km.

Iring-iringan diberangkatkan langsung Bupati Indartato sekitar pukul 07.00 WIB di depan tribun alun-alun, Jl. Imam Bonjol. Peserta yang menyemut dengan pakaian warna-warni lantas berjalan melewati rute sebelum tiba di finish, tribun alun-alun. “Mumpung libur. Asyik, bisa rekreasi sekalian olah raga,” kata Dino, karyawan pabrik kayu lapis di sela kegiatan, dilansir detik.com.

Bupati Pacitan, Indartato pun menyambut baik kegiatan yang melibatkan langsung para pekerja baik di sektor formal maupun bukan. Dia menyampaikan ucapan selamat Hari Buruh Sedunia seraya berharap kehidupan mereka terus membaik. “Mudah-mudahan kehidupannya akan semakin baik dan sejahtera,” ucapnya sesaat sebelum pemberangkatan peserta jalan santai.

Agenda jalan santai Mayday bukan pertama kalinya digelar di Pacitan. Tahun sebelumnya kegiatan yang sama juga dihelat tepat tanggal 1 Mei. Tak hanya disediakan hadiah, usai setibanya di finish peserta dapat menikmati sarapan nasi bungkus yang disediakan panitia.

Menurut Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi, Sunaryo mengakui, seperti halnya di daerah lain persoalan buruh di Pacitan pun pernah terjadi. Hanya saja, berkat komunikasi yang terjalin baik, potensi masalah segera teratasi.

Sunaryo mengatakan, pihaknya secara berkala memantau keberadaan pekerja di tiap perusahaan yang ada. Demikian pula pihak pengelola selalu dilibatkan dalam pembicaraan. “Kegiatan ini bagian dari upaya kami mengakomodasi keinginan teman-teman (buruh). Di tengah kesibukannya bekerja, mereka perlu waktu istirahat dan bersosialisasi,” tandasnya.

Meski berlangsung tertib, namun kegiatan jalan sehat buruh mendapat pengamanan ketat aparat keamanan. Sedikitnya 223 personel polisi diterjunkan baik di lokasi maupun di sepanjang rute yang dilalui. (Pacitanku)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here