Home Uncategorized Pemuda Ansor Pacitan Nikmati Sensasi Panasnya Bola Api

Pemuda Ansor Pacitan Nikmati Sensasi Panasnya Bola Api

208
0
SHARE

Pache News, Pacitan-  GP ANSOR NU Cabang Pacitan dan elemen Banser NU (Barisan Ansor Serbaguna) menggelar pertandingan sepak bola api, Sabtu malam (30/10) di Lapangan Alun-alun Pacitan. Permainan bola api yang dikenal dengan sebutan Brojo Geni tersebut digelar dalam rangka menjaga dan melestarikan salah satu tradisi khas pesantren.

Sebanyak 16 team turut ambil bagian dalam pertandingan ini. Mereka merupakan perwakilan Pengurus Anak Cabang (PAC) GP ANSOR NU dan Banser NU se-Pacitan

Tampak hadir menyaksikan jalanya pertandingan Brojo Geni, Ketua Tanfidziyah NU Pacitan KH Mahmud, Seluruh Banom NU, Kepala Disbudparpora Pacitan, dan undangan lainya.

Ketua Panitia mengatakan bahwa Brojo Geni  harus dikenalkan kepada masyarakat luar. Agar kedepan, tradisi yang sangat langka ini tidak punah dan dapat terus dilestarikan oleh para santri serta masyarakat luar khususnya warga NU.

“Bagi para pemain brojo geni, diharapkan bisa menjaga eksistensi dan tradisi ini sehingga bisa mempererat tali silaturahmi PAC GP ANSOR antar Kecamatan di seluruh Pacitan,” ujarnya di lokasi pertandingan.

Masyarakat Pacitan, lanjutnya, mengharapakan kegiatan seperti ini dapat digelar rutin setiap tahunnya. Agar dapat menjadi tradisi dan budaya khas Pacitan.”Pemda juga harus mendukung penuh dengan adanya kegiatan semacam ini,” pungkasnya.

Sebelum pertandingan, terlebih dahulu diawali dengan istighasah bersama yang bertempat di SD NURIS. Istighasah dipimpin oleh Gus Asif Hasyim dari Pesantren Tremas Arjosari. Selanjutnya dilakukan konvoi damai menuju alun alun yang dikawal oleh personil Polres Pacitan.

Sesampai di lapangan alun-alun Pacitan, kemudian dilanjurkan dengan prosesi upacara adat brojo geni dan atraksi pencak silat dari Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama atau Pagar Nusa Pacitan.

Masyarakat Pacitan sangat antusias dan berbondong-bondong ke lapangan alun-alun untuk menyaksikan pertandingan sepakbola brojo geni yang diselenggarakan oleh GP ANSOR Cabang Pacitan itu.(Mawan/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here